Sakti Bener! Terowongan Ini Bikin Pemotor Sampai Kayang

Tim detikcom - detikOto
Rabu, 18 Nov 2020 09:15 WIB
Sebuah terowongan sempit di Desa Karangmalang, Kecamatan Ketanggungan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, viral di media sosial.
Ini dia terowongan viral yang bikin pemotor rebahan Foto: Imam Suripto
Jakarta -

Ramai di media sosial sebuah video yang membuat pemotor harus menunduk ketika melintas di bawahnya. Tak sedikit warga kesulitan saat akan melewatinya.

Sebuah postingan video dan foto yang diunggah akun Facebook Delik Sumantri ini memperlihatkan pemotor yang melewatinya menunduk sembari menuntun motornya, hingga seorang pengendara motor bebek Honda Revo sampai-sampai setengah rebahan sembari menjalankan sepeda motornya.

Hingga berita ini dimuat, postingan itu sudah mendapat ratusan komentar, dan memancing berbagai respon dari warganet.

"Ketika lewat sini anda akan diajak olahraga punggung," tulis akun Luqmanul Hakim.

"Sakti bener mbah, bisa kayang," komen Yuangga Prayogo.


Diketahui, terowongan yang berada di lokasi tidak jauh dari bekas gudang penyimpanan pusaka (gedong jimat) di RT 3 RW 2, Desa Karangmalang, Ketanggungan, ini memiliki panjang 5 meter, lebar 1,5 meter dan tinggi 1 meter.

Terowongan sempit dan pendek di BrebesTerowongan sempit dan pendek di Brebes Foto: Imam Suripto/detikcom

Meski memiliki ukuran sempit, banyak warga yang tiap hari menggunakannya sebagai jalur alternatif menuju kawasan kota, dan pasar. Namun sejak lima hari lalu, intensitas warga yang melewati terowongan itu makin banyak.

Untuk melalui terowongan ini, warga harus membungkukkan badan agar kepala tidak terbentur atap terowongan. Bahkan pemotor ada yang harus rebahan dan mengambil posisi kayang di jok motor ketika masuk terowongan.

Terpisah, Kapolsek Ketanggungan, AKP Suroto, mengatakan sebenarnya terowongan ini sudah lama dipakai masyarakat lingkungan sekitar Desa Karangmalang. Namun belakangan masyarakat dari desa lain, terutama di selatan Ketanggungan banyak yang melewati terowongan ini.

Alasannya, jalur utama yang menghubungkan pasar dan pusat kota kecamatan tengah dilakukan perbaikan.

"Setelah ada perbaikan di underpass Karangmalang banyak warga masyarakat dari Ketanggungan selatan yang menggunakan jalur ini," jelas Suroto, hari ini.



Simak Video "Melihat Hancurnya Jembatan Kereta Api di Brebes"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)