Round-Up

Kelakuan Pengendara di Tol Layang, Pipis hingga Masuk Bahu Jalan

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Senin, 23 Des 2019 08:14 WIB
Tol layang Japek. Foto: PT Honda Prospect Motor


Banyak yang Lewat Bahu Jalan

Kelakuan Pengendara di Tol Layang, Pipis hingga Masuk Bahu JalanFoto: Gusti Alhaki


Tol layang Jakarta-Cikampek (Japek) punya desain 4 lajur, dua lajur dari arah Cikunir ke Karawang dan dua lajur dari arah Karawang ke Cikunir. Meski aturannya sudah jelas, masih ada saja pengendara yang melanggar, dengan melintasi bahu jalan.

Seperti amatan repoter detikcom Gusti Alhaki, pada Sabtu (21/12/2019), lajur tol layang Japek, dari arah Cikunir ke Karawang (km 40) yang seharusnya dua lajur, tiba-tiba menjadi tiga lajur. Sebabnya, banyak pengendara mobil yang memaksa lewat bahu jalan.



Perilaku tersebut jelas melanggar peraturan dan menimbulkan kemacetan. "Bahu jalan hanya untuk kondisi darurat saja, jika terjadi kendaraan mogok," kata praktisi Defensive Driving, Andry Berlianto, kepada detikcom.

Menurut Andry, penggunaan bahu jalan untuk berkendara juga rentan menyulut emosi pengemudi lain. "Karena praktis di ujung jalan akan kembali ke lajur semula, yang ada di bahu jalan bisa dianggap merampas lajur lain," ujarnya.

"Maka itu, tunjukkan kualitas pengemudi yang bisa tertib dan beradab terhadap semua peraturan lalu lintas yang berlaku, termasuk soal pemilihan lajur jalan," pungkasnya.



Simak Video "Nama Putra Mahkota UEA Disematkan di Tol Layang Jakarta-Cikampek"
[Gambas:Video 20detik]