Sabtu, 28 Apr 2018 18:13 WIB

Laporan dari Spanyol

Potret Patuhnya Pengendara Eropa, Sabar di Belakang Pesepeda

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Setelah garis putihnya putus-putus, mulai menyalip sepeda (Foto: Dadan Kuswaraharja) Setelah garis putihnya putus-putus, mulai menyalip sepeda (Foto: Dadan Kuswaraharja)
Palma de Mallorca - Kalau tengah berkendara di Eropa, hati ini malu rasanya. Kenapa? Karena pengendara di sini rata-rata sangat sopan dan menaati peraturan lalu lintas. Pejalan kaki merupakan pengguna jalan yang paling diutamakan, kemudian ada pesepeda dan baru pengguna kendaraan seperti motor kemudian mobil.

Saat dalam perjalanan di Mallorca, Spanyol, pengendara mobil van ini memperlihatkan contoh bagaimana cara berkendara di jalanan yang benar. Di depan dia ada 2 pesepeda yang tengah mengayuh sepedanya di tanjakan.

Jadi lambat dong gowesnya. Namun ajaibnya, pengemudi van itu tetap sabar berada di belakang 2 pesepeda. Dia tidak berupaya menyalip 2 pesepeda yang tengah hah heh hoh mengayuh pedal sepedanya.



Rupanya di jalan itu memang pengendara tidak diperkenankan mendahului kendaraan lain, ada jalur putih tegas di sisi tengah jalanan. Rambu-rambu peringatan tidak boleh menyalip pun terlihat di samping jalan. Alhasil pengemudi van yang terlihat seorang bapak-bapak yang sudah ubanan harus mengalah dulu pada pesepeda.

Setelah garis jalan mulai putus-putus, si bapak kemudian baru menyusul 2 pesepeda. Padahal dia membuntuti kedua pesepeda itu dalam waktu yang cukup lama, mungkin sekitar 3 menitan. Kami yang berada di belakang mobil van itu pun takjub melihat perilaku berkendara si bapak, dan jadi mengikuti cara berkendara si bapak yang sabar di belakang pesepeda.



Mallorca pekan ini memang tengah kebanjiran pesepeda. Mereka datang dari berbagai negara di Eropa untuk mengikuti lomba sepeda pada akhir pekan ini. Nah bagi pengendara mobil di Indonesia ayo ikuti perilaku pengendara Eropa yang pantas ditiru ini, jangan sampai terjadi lagi kasus pesepeda ditabrak pengendara mobil.


(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed