Minggu, 01 Apr 2018 09:13 WIB

Rem Tangan Lupa Ditarik, Suzuki Karimun Wagon R Gelinding Sendiri

Dina Rayanti - detikOto
Rem tangan lupa ditarik, Suzuki Karimun Wagon R ini ngegelinding sendiri. Foto: Screenshot Youtube Rem tangan lupa ditarik, Suzuki Karimun Wagon R ini ngegelinding sendiri. Foto: Screenshot Youtube
Kerala - Rem tangan merupakan salah satu fitur keamanan yang ada pada mobil. Tapi terkadang pengendara masih suka mengabaikan dan tidak menarik rem tangan saat mobil diparkir.

Hal tersebut tentu saja membahayakan apalagi kalau penumpang di dalam mobil. Misalnya saja seperti kejadian yang baru-baru ini terjadi di Kerala, India.

Mobil mungil Maruti WagonR (Suzuki Karimun WagonR) tiba-tiba mundur sendiri karena tidak menggunakan rem tangan saat mobil sudah terparkir.


Terlihat dalam sebuah video yang dilansir Drivespark, Minggu (1/4/2018) mobil itu perlahan-lahan bergerak mundur dari garasi di dalam rumah.

Jalanan menurun dari garasi rumah ke jalan raya, membuat mobil mundur lebih cepat ke jalan raya. Terlihat di jalanan tersebut dalam kondisi ramai karena motor dan mobil berlalu-lalang cukup banyak.

Bahkan mobil ini mundur secara melintang ke tengah jalan hingga beberapa meter dari garasi rumah. Pengguna jalan lain menyadari mobil ini bergerak cukup aneh karena mundur sendiri. Akhirnya mereka memperlambat laju mobil maupun motornya.


Sang pemilik pun bergegas lari keluar rumah karena mendengar keriuhan dari luar soal mobilnya. Tentunya peristiwa semacam ini bisa dihindari kalau saja si pemilik kendaraan tidak lupa untuk menarik rem tangannya.

Fitur di dalam mobil diciptakan untuk keamanan pengendara maupun penumpang di dalamnya. Begitu pula dengan rem tangan. Rem tangan berfungsi agar mobil tetap dalam posisinya ketika si pengendara tidak berada di dalam mobil.

Rem tangan juga bisa mengurangi beban kepada transmisi saat mobil sedang diparkir. Misalnya saja saat mobil diparkir di jalanan menanjak atau menurun banyak beban yang harus diangkut transmisi karena posisi mobil yang melawan gravitasi. Penggunaan rem tangan ini cukup membantu mengurangi beban tersebut.


Semodern apapun mobil, penggunaan rem tangan masih dibutuhkan. Pada mobil modern misalnya sudah dilengkapi dengan rem tangan elektrik, padahal pada posisi 'P' saja sudah cukup membuat mobil tidak bergerak.

Namun saat memindahkan transmisi ke posisi 'P' hanya akan mengunci transimisi, sementara saat rem tangan ditarik maka roda juga akan terkunci.

Nah Otolovers, jangan lupa ya tetap menggunakan rem tangan saat mobil terparkir sekalipun itu di rumah.


(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed