Pak Luhut, Kapan Insentif Mobil dan Motor Listrik Diumumkan?

ADVERTISEMENT

Pak Luhut, Kapan Insentif Mobil dan Motor Listrik Diumumkan?

Ahmad Masaul Khoiri - detikOto
Kamis, 09 Feb 2023 18:12 WIB
Subsidi kendaraan listrik
Ilustrasi Insentif kendaraan listrik Foto: Infografis detikcom/M Fakhry Arrizal
Jakarta -

Publik masih menantikan keputusan pemerintah tentang rencana pemberian insentif kendaraan listrik. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, mengatakan kebijakan tersebut akan diputuskan segera.

Kabar soal insentif kendaraan listrik masih seksi untuk disimak dan ditunggu. Kebijakan tersebut dipastikan akan memangkas harga motor dan mobil listrik, yang membuatnya menjadi punya daya tarik lebih besar buat konsumen.

Kabarnya insentif untuk motor listrik yang akan diberikan sebesar Rp 7 juta. Sementara insentif mobil listrik berupa pemotongan PPN dari yang sebelumnya 11% menjadi 1%.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan saat Rakor Kemenparekraf, Rabu (8/2/2023) kembali menekankan, insentif ini akan segera diumumkan.

"Saya kira sebentar lagi akan diumumkan oleh Kemenkeu, nanti akan mengeluarkan hasil rapat kita. Harus bulan ini (Februari 2023)," ucap Luhut.

Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) Shell Recharge hadir di Mal Pacific Place Jakarta. Hadirnya SPKLU ini merespons bertambahnya pengguna mobil listrik.Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) Shell Recharge hadir di Mal Pacific Place Jakarta. Hadirnya SPKLU ini merespons bertambahnya pengguna mobil listrik. Foto: Andhika Prasetia

Dalam pemberitaan detikOto sebelumnya, keseriusan pemerintah untuk memperbanyak mobilitas kendaraan listrik tidak main-main, Luhut menjelaskan aturan ini tengah dibahas dalam rapat dengan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif, hingga Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang digelar di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi.

Pada 13 Januari 2023 lalu Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar rapat membahas ekosistem kendaraan listrik hari ini. Salah satu poin yang dibahas ialah mengenai insentif atau subsidi kendaraan listrik.

Menteri ESDM Arifin Tasrif mengaku, insentif kendaraan listrik dibahas dalam rapat.

"Akan ada keputusan terkait insentif kendaraan listrik. Namun, belum jelas kapan aturan itu akan terbit secara resmi. Sebentar lagi lah, sabar," kata Arifin di Kementerian ESDM.



Simak Video "Kabar Gembira! Pemerintah Resmi Kasih Subsidi Kendaraan Listrik"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT