Duh! Maling Beraksi di Bus Eksekutif, Laptop Penumpang Raib

ADVERTISEMENT

Duh! Maling Beraksi di Bus Eksekutif, Laptop Penumpang Raib

Tim detikcom - detikOto
Jumat, 09 Des 2022 07:29 WIB
Maling beraksi di bus eksekutif, laptop penumpang pun digondol
Foto: Screenshoot Facebook BisMania Community. Maling beraksi di bus eksekutif, laptop penumpang pun digondol.
Jakarta -

Aksi kejahatan terjadi di transportasi umum antar kota. Dua orang maling tertangkap kamera CCTV (Closed Circuit Television) sedang melancarkan aksinya di sebuah bus eksekutif. Mereka menggondol laptop penumpang yang sedang tertidur lelap.

Seperti diunggah di grup facebook BisMania Community, aksi kejahatan di transportasi bus bisa terjadi di kelas bus apa saja, bahkan juga termasuk di bus kelas eksekutif, dengan konfigurasi seat 2-1. Pelaku kejahatan pencurian di bus kelas mewah ini mengincar barang elektronik mahal seperti laptop.

"tetep waspada ya".

"sekarang lagi marak".

"bus ekslusif 2-1 pun ada penjahatnya".

"kejadian laptop penumpang diambil dari kolong bus handoyo. tks," tulis unggahan tersebut pada 5 Desember 2022, disertai dengan video CCTV yang memperlihatkan aksi pencurian tersebut.

Pada video tersebut tercantum waktu kejadian, yakni sekitar pukul 02:02 WIB tanggal 02-12-2022. Video tersebut memperlihatkan bagian kabin empat baris ke belakang. Terlihat pula para penumpang sedang dalam kondisi terlelap.

Namun dari banyak penumpang yang tertidur, ada dua orang penumpang yang masih terjaga. Mereka duduk di baris yang kursinya ada dua. Salah satu penumpang tersebut terlihat turun, masuk ke kolong untuk beberapa saat.

Sekitar dua menit kemudian, penumpang yang masuk kolong itu kembali ke tempat duduk asal. Dia membawa sebuah laptop. Kemudian penumpang di sampingnya mengambil tas dan memasukkan laptop tersebut ke dalam tas.

Melihat peristiwa kriminal di angkutan umum, warganet pun memberikan pendapatnya. Mereka menilai, bus tersebut memiliki fasilitas yang cukup bagus dalam hal keamanan, terbukti dengan adanya kamera CCTV, meski belum diketahui persis bagaimana tindak lanjut dari peristiwa itu.

"patut dicontoh perusahaan otobus lainnya untuk pemasangan cctv di kabin penumpang dan kru!," ujar akun Mae***.

"Gampang itu nangkap maling nya,kan udah ada nomor korsi sama nama pelaku nya," kata akun Ismed***.

Di sisi lain, warganet juga menunggu terobosan dari para Perusahaan Otobus (PO) agar menyiapkan semacam tempat khusus buat menyimpan barang berharga penumpang.

"Tinggal nunggu gebrakan PO yg nyedian brankas u.k penyimpanan barang berharga terutama u.k AKAP jarak jauh," tulis akun Doel***.



Simak Video "Rekaman CCTV Motor Ojol di Cakung Dibawa Kabur Maling saat Salat Magrib"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT