KTT G20 Berlangsung, Pameran Kendaraan Listrik Hadir di Nusa Dua Bali

ADVERTISEMENT

KTT G20 Berlangsung, Pameran Kendaraan Listrik Hadir di Nusa Dua Bali

Tim detikOto - detikOto
Selasa, 15 Nov 2022 21:04 WIB
Toyota bZ4X di Nusa Dua Bali
Ilustrasi Toyota bZ4X hadir di PKBLBB Foto: dok. Toyota Indonesia
Jakarta -

Digelarnya KTT G20 di Nusa Dua Bali menjadi momen menguntungkan bagi industri kendaraan listrik. Menyambut penyelenggaraan akbar tersebut, Pameran Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (PKBLBB) 2022 resmi digelar di Nusa Dua Bali.

Dalam siaran resmi Kementerian Perhubungan yang diterima detikOto, PKBLBB diikuti oleh beberapa brand kendaraan listrik di Indonesia. Selain memamerkan beragam produk, digelar juga program pendukung lain, seperti seminar & talkshow yang diisi oleh beragam instansi pemerintahan serta pakar dalam bidang transportasi.

Pada hari pembukaan, digelar seminar dengan 'Kebijakan Pemerintah Menanggapi Perkembangan Kendaraan Listrik'. Tema kali ini dibuka oleh Sarana Transportasi Jalan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, Danto Restyawan, dan Director of Strategic Collaboration Grab Indonesia, Uun Ainurrofiq.

"Dengan adanya kendaraan listrik diharapkan dapat mengurangi polusi. Selain itu, data terakhir menunjukkan sekitar Rp 600 trilliun digunakan pemerintah untuk subsidi BBM. Sebenarnya jumlah ini dapat digunakan untuk hal-hal lain seperti transisi energi, sehingga inilah yang membuat kami ingin masyarakat dapat beralih kepada kendaraan listrik," jelas Danto.

Hal senada juga disampaikan Uun, yang menekankan lagi peran besar kendaraan listrik untuk mengurangi subsidi BBM yang nilainya sudah sangat besar.

"Setuju dengan yang disampaikan, dengan mengurangi subsidi yang dikeluarkan dapat dialihkan untuk hal-hal yang lebih diperlukan seperti pembangunan. Untuk itulah Grab hadir untuk mendukung program-program pemerintah terkait percepatan penggunaan kendaraan listrik." ucap Uun Ainurrofiq.

PKBLBB dilaksanakan selama 11-16 November 2022 di Art Bali, Bali Collection, Nusa Dua Bali dan diikuti 28 exhibitor yang terdiri dari sepeda motor listrik, mobil listrik, bus listrik, truk listrik, kendaraan konversi, serta komponen pendukung kendaraan listrik berbasis baterai.

Pameran Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (PKBLBB) 2022.Pameran Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (PKBLBB) 2022. Foto: dok. Kemenhub

Selain pelaksanaan eksebisi dan talkshow, pengunjung juga bisa melakukan test ride dan test drive (roda 2 dan roda 4), student showcase, community showcase, serta entertainment. Acara ini juga dihadiri oleh pelaku industri kendaraan listrik, instansi yang terkait dan secara terbuka dapat dihadiri oleh delegasi dari negara peserta KTT G20. Pameran ini dibuka pukul 10.00 - 21.00 WITA setiap harinya dan terbuka untuk pengunjung umum secara gratis.

Adapun participants official G20 yang menyelenggarakan booth di acara PKBLBB adalah Alva, Hyundai, Toyota, dan Wuling sebagai Official Partners G20.

Di samping itu, Astra Honda Motor, Bluebird, Braja, DFSK, Elders, Energica, Fuso, Grab, Honda, Isuzu, Lexus, Mobil Anak Bangsa (MAB), Mitsubishi, Nissan, NIU, Optima Integra Tehnika, Percik, PERIKLINDO, PLN, SAG, Selis, Sinarmas, United Bike, Uwinfly, Viar, Volta, serta Zero Motorcycle juga hadir sebagai peserta dalam event ini.



Simak Video "Ngecas Mobil Listrik 30 Menit di Rest Area, Dapat Berapa Persen?"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT