Tesla Model I (Indonesia)? Saat Elon Musk Ditanya Mobil Listrik Murah untuk RI

ADVERTISEMENT

Tesla Model I (Indonesia)? Saat Elon Musk Ditanya Mobil Listrik Murah untuk RI

Luthfi Anshori - detikOto
Selasa, 15 Nov 2022 15:36 WIB
Tesla CEO Elon Musk talks during a virtual meeting at the B20 Summit ahead of the G20 leaders summit in Nusa Dua, Bali, Indonesia, Monday, Nov. 14, 2022. (AP Photo/Aaron Favila)
CEO Tesla, Elon Musk, hadir secara virtual di forum KTT G20 Bali. Foto: AP/Aaron Favila
Jakarta -

CEO Tesla Inc, Elon Musk, hadir secara virtual di KTT G20 Bali. Elon menjadi pembicara pada rangkaian acara B20 Summit Indonesia. Dalam pernyataannya, Elon mengungkapkan rencana Tesla membuat mobil listrik murah agar bisa dijangkau lebih banyak oleh konsumen.

Saat ini harga mobil listrik Tesla masih terlampau mahal. Varian 'termurah' Tesla Model 3 saja harganya masih di kisaran 48.190 USD (Rp 749 juta), hingga 64.190 USD (Rp 997 juta). Setelah masuk Indonesia, harga Tesla Model 3 tembus di atas Rp 1 miliar.

Prestige Motorcars kembali memperkenalkan line up kendaraan ramah lingkungannya. Kali ini mobil yang dibawa oleh importir umum tersebut adalah Tesla Model 3.Tesla Model 3 Foto: Pradita Utama

Nah, dalam diskusi B20 Summit Indonesia tersebut, ada seorang peserta yang menanyakan pendapat Elon Musk mengenai mobil listrik murah. Ia bertanya soal kemungkinan Tesla membuat mobil listrik murah dan dinamakan sebagai Tesla Model I, untuk 'Indonesia' atau 'India'.

Dalam tanggapannya, Elon Musk tidak dapat berbicara banyak tentang produk masa depan Tesla, namun Musk menyadari, bahwa Tesla sebagai perusahaan pembuat mobil listrik, memandang perlunya membuat EV (Electric Vehicle) yang terjangkau.

"Ya, saya tidak dapat berbicara terlalu banyak tentang pengembangan produk Tesla di masa depan, kecuali untuk mengatakan bahwa menurut kami (Tesla) membuat kendaraan yang jauh lebih terjangkau akan sangat masuk akal. Dan kita harus melakukan sesuatu," kata Musk.

Elon Musk tidak menyebutkan harga atau spesifikasi mobil listrik dengan harga terjangkau tersebut, tapi menurut spekulasi yang beredar di komunitas EV, mobil listrik Tesla harga terjangkau kemungkinan akan berada di kisaran 25.000 USD atau setara Rp 388 juta.

Meski nantinya berharga murah, diharapkan Tesla tidak menyunat fitur-fitur unggulan yang menjadi khasnya Tesla, seperti airbag, lalu sistem keselamatan aktif dan sistem keselamatan pasif.

Di Indonesia sendiri, mobil listrik harga Rp 300 jutaan terbukti disukai pasar karena masih bisa dijangkau banyak segmen konsumen. Mobil listrik Wuling Air ev misalnya, dengan rentang harga Rp 200 jutaan-Rp 300 jutaan, mobil listrik mungil ini sudah dipesan sekitar 5.000 unit hanya dalam 3 bulan sejak kali pertama diperkenalkan.



Simak Video "Alasan Saham Tesla Anjlok dan Kehilangan Rp 3,1 Triliun"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT