Anti Mainstream! Solusi Kemacetan ala Elon Musk: Bikin Terowongan Bawah Tanah!

ADVERTISEMENT

Anti Mainstream! Solusi Kemacetan ala Elon Musk: Bikin Terowongan Bawah Tanah!

Septian Farhan Nurhuda - detikOto
Selasa, 15 Nov 2022 08:38 WIB
Tangkapan layar CEO Tesla Motors Elon Musk mengenakan batik dari sulawesi Tengah saat hadir secara virtual dalam KTT B20. (Antara/Bayu P)
Elon Musk ungkap solusi jitu atasi kemacetan di jalan raya. Foto: Tangkapan layar B20 Summit Bali.
Jakarta -

Chief Executive Officer atau CEO Tesla, Elon Musk hadir secara virtual di B20 Summit, Nusa Dua, Bali. Elon yang terlihat mengenakan batik tersebut bicara mengenai solusi kemacetan lalu lintas di kota-kota besar.

Elon pertama-tama mengatakan, banyak yang mengira mobil terbang merupakan satu-satunya jalan keluar menuntaskan masalah kemacetan di kota-kota besar. Namun, kata dia, anggapan tersebut keliru. Sebab, kendaraan itu menyimpan banyak sekali risiko.

Menurut Elon, penggunaan mobil terbang akan menimbulkan suara bising yang mengganggu. Selain itu, kendaraan tersebut juga bisa mengancam keselamatan orang-orang yang berada di bawahnya.

"Meski ada di bayangan, tapi mobil terbang bukan solusi (mengatasi kemacetan). Anda bisa bayangkan bagaimana suara bising dan angin yang dihasilkan mobil terbang. Anda tentunya juga tak mau terus-terusan mendengar suaranya dari atas rumah, kan?" ujar Elon saat menjawab pertanyaan moderator, dikutip dari tayangan langsung yang disiarkan detik.com, Senin (14/11/2022).

Tesla CEO Elon Musk talks during a virtual meeting at the B20 Summit ahead of the G20 leaders summit in Nusa Dua, Bali, Indonesia, Monday, Nov. 14, 2022. (AP Photo/Aaron Favila)Elon Musk di B20 Summit Bali. Foto: AP/Aaron Favila

Alih-alih menggunakan mobil terbang, Elon Musk lebih menyarankan membangun 'jalan baru' di bawah tanah atau terowongan. Sehingga, kendaraan bisa melintas lebih cepat tanpa adanya hambatan.

"Ini terdengar sangat sederhana, tetapi kendaraan listrik di dalam terowongan adalah jawaban bagi kemacetan terparah yang mungkin terjadi, karena Anda bisa pergi melalui berbagai lapisan terowongan, sedalam apapun hingga kemacetan lalu lintas terurai," ungkapnya.

Boring CompanyTerowongan bawah tanah Elon Musk. Foto: Reuters

Diketahui, Elon Musk melalui perusahaannya, Boring Company telah membangun terowongan komersial untuk dilintasi mobil listrik di wilayah California, Amerika Serikat.

Terowongan Boring CompanyTerowongan Boring Company Foto: Reuters

Cara kerjanya juga sangat sederhana. Mobil listrik yang hendak melintas akan diturunkan ke terowongan dengan bantuan lift hidrolik, kemudian dipasangkan tepat pada jalurnya. Mobil itu secara otonom bisa melaju dengan kecepatan tinggi dengan 'dorongan' tenaga elektrik.

"Jadi, terowongan dengan kendaraan listrik adalah satu-satunya jawaban yang bisa saya berikan," kata Elon Musk.



Simak Video "Live Elon Musk Bicara di B20 Summit"
[Gambas:Video 20detik]
(sfn/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT