Bus Baru PO Gunung Harta Meluncur, Pakai Bodi Adiputro SD-V 3++ dan Sasis Hino

ADVERTISEMENT

Bus Baru PO Gunung Harta Meluncur, Pakai Bodi Adiputro SD-V 3++ dan Sasis Hino

Luthfi Anshori - detikOto
Senin, 07 Nov 2022 15:14 WIB
Bus baru PO Gunung Harta pakai bodi Adiputro dan sasis Hino
Foto: Dok. Adiputro. Bus baru PO Gunung Harta pakai bodi Adiputro dan sasis Hino.
Jakarta -

PO Gunung Harta kembali merilis armada baru dari garasi Adiputro di Malang, Jawa Timur. Bus anyar Gunung Harta ini menggunakan sasis Hino. Selain itu, bodinya menggunakan penamaan yang unik, Jetbus 3+ SD-V 3++.

Total ada dua unit bus single deck yang dirilis PO Gunung Harta. Bus ini menggunakan warna bodi serba merah yang dipadukan gambar grafis berupa siluet bus. Selain itu, bus ini menggunakan wheeldop alias tutup velg berwarna putih.

Salah satu bagian yang menarik ada di penamaan bodinya yang menggunakan label Jetbus 3+ SD-V 3++. Dijelaskan Supervisor Finishing Adiputro, Yohan Setiawan, secara spesifikasi Jetbus 3+ SD-V 3++ tak jauh berbeda dengan Jetbus 3+ SHD. Artinya, sama-sama memiliki tinggi 3,85 meter dan panjang 12 meter.

"Jadi SD-V itu kependekan dari Super High Deck-Voyager. Sebenarnya sama saja dengan Jetbus 3+ SHD," kata Yohan lewat pesan singkat kepada detikOto, Senin (7/11/2022).

"(Itu SD-V 3++) Gunung Harta yang kasih nama sendiri, supaya kelihatan beda," sambung Yohan.

Sebelumnya nama SD-V ini juga sudah digunakan di bus anyar PO SAN. Namun bus PO SAN menggunakan kaca single, sementara bus PO Gunung Harta memilih kaca double.

Bus baru PO Gunung Harta ini menggunakan konfigurasi kursi 2+2 yang didukung fitur sandaran lengan dan sandaran kaki. Selain itu, terdapat dispenser pada area depan untuk kebutuhan penumpang yang ingin membuat minuman panas. Tak hanya itu, ada juga fasilitas toilet dan smoking area.

Sementara untuk sasisnya sendiri bus ini menggunakan Hino RM280. Bus ini sudah lolos regulasi Euro4. Mesinnya 7.684 cc, yang bisa menghasilkan tenaga hingga 285 PS dan torsi hingga 833 Nm.



Simak Video "Ciamik! Ini Wujud Bus Double Decker Terbaru Milik PO Gunung Harta"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT