Kantong Parkir Sirkuit Mandalika Diperbanyak: Bisa Tampung 110 Bus dan 9.116 Mobil

ADVERTISEMENT

Kantong Parkir Sirkuit Mandalika Diperbanyak: Bisa Tampung 110 Bus dan 9.116 Mobil

Luthfi Anshori - detikOto
Minggu, 09 Okt 2022 20:16 WIB
Kepala Dinas Perhubungan Provinsi NTB Lalu Moh Faozal (kiri) meninjau sejumlah bus angkutan khusus untuk penonton MotoGP Mandalika saat acara gelar Kesiapan Moda Transportasi MotoGP 2022 di Eks Bandara Selaparang , Mataram, NTB, Kamis (17/3/2022). Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi NTB menyiapkan sebanyak 278 bus khusus gratis bagi penonton MotoGP Mandalika yang telah memiliki tiket dengan lima rute layanan menuju Sirkuit Mandalika yakni Bizam - Mandalika, Gili Mas Lembar - Mandalika, Bangsal - Mandalika, Eks Bandara Selaparang - Mandalika dan Kayangan - Mandalika. ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/foc.
Kantung parkir Sirkuit Mandalika bisa tampung 110 bus. Foto: Antara Foto/Ahmad Subaidi
Jakarta -

Sirkuit Mandalika di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, akan menggelar balap motor WSBK 2022 pada bulan November nanti. Pihak panitia pun sudah memperbanyak fasilitas parkir di sekitar sirkuit, yang kini bisa menampung lebih 100 bus dan 9.000-an mobil.

Berkaca dari penyelenggaraan event WSBK 2021 dan MotoGP awal tahun lalu, akomodasi dan traffic management saat penyelenggaraan menjadi hal yang perlu diperbaiki. Maka itu, Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Group telah melakukan koordinasi dengan pemangku kepentingan untuk menyelesaikan permasalahan itu.

Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Priandhi Satria mengatakan, setiap isu kendala akomodasi akan bisa diatasi dengan komunikasi dan kolaborasi.

"Oleh karena itu, kami berupaya melakukan komunikasi dan kolaborasi kerja sama dengan pihak-pihak terkait guna menyelesaikan permasalahan tersebut. Tingkat ketersediaan akomodasi di NTB menjelang WSBK mencukupi, tercatat lebih dari 10.000 kamar yang siap menerima calon penonton," kata Andhi dalam keterangan resminya.

MGPA telah melakukan audiensi dengan Gubernur NTB Zulkieflimansyah soal isu akomodasi dan tarif hotel maupun penginapan. Gubernur NTB juga telah menginstruksikan Peraturan Gubernur Nomor 9 Tahun 2022 Tentang Penyelenggaraan Usaha Jasa Akomodasi yang mengatur batas atas harga kamar berdasarkan zonasi. Hal itu untuk mengantisipasi adanya penyelenggara usaha akomodasi yang mengeluarkan tarif terlampau mahal jelang WSBK.

Selain itu, Gubernur NTB juga telah menunjuk Jamaludin Maladi sebagai Komandan Lapangan Persiapan WSBK 2022, di mana salah satu tugas Komandan Lapangan WSBK ini adalah pengendalian harga kamar hotel di Pulau Lombok jelang perhelatan WSBK Mandalika 2022 agar tidak melambung tinggi.

Sementara untuk mengantisipasi kepadatan lalu lintas di sekitar Sirkuit Mandalika saat event WSBK 2022, MGPA telah berkoordinasi dengan Polda Nusa Tenggara Barat untuk mengantisipasi kemacetan saat acara WSBK 2022.

Polda NTB dan MGPA mengatakan telah menyiapkan strategi untuk pengaturan kendaraan dan arus lalu lintas untuk mengurai kemacetan kendaraan yang akan berdatangan ke kawasan Mandalika.

"Untuk memenuhi kebutuhan parkir, ITDC-MGPA telah membuat kantong-kantor parkir baru untuk menambah daya tampung kendaraan agar tidak terjadi kemacetan. ITDC bersama MGPA juga telah menyiapkan total 28 titik parkir yang diperkirakan dapat menampung 110 bus, 9.116 mobil, 3.172 motor untuk mengakomodir kendaraan penonton," tambahnya.

"Saat ini telah selesai perluasan ruas jalan dari dan menuju sirkuit yang semula (hanya) 2 lajur menjadi 4 lajur, serta pembangunan pedestrian untuk pejalan kaki, sehingga penonton dapat berjalan dari kantong-kantong parkir ke sirkuit dengan mudah. Semua yang kami lakukan sudah berdasarkan timeline yang ada dan kami optimistis event ini dapat berjalan dengan baik dengan target penonton sesuai yang ditetapkan," tukas Andhi.



Simak Video "Mulai Rp 74 Ribuan, Ini Daftar Harga Tiket WSBK Mandalika 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT