ADVERTISEMENT

Perbaikan Rampung, Kerb di Sirkuit Mandalika Jadi Mirip di Sirkuit Misano

Tim detikcom - detikOto
Jumat, 07 Okt 2022 12:27 WIB
Pelebaran run off Sirkuit Mandalika dilakukan sebelum WSBK 2022
Kerb di Sirkuit Mandalika sudah mirip di Sirkuit Misano Italia. (Foto: istimewa)
Jakarta -

Perbaikan Sirkuit Mandalika jelang perhelatan World Superbike terus dikebut. Salah satu pekerjaannya, yakni perbaikan kerb dipastikan sudah selesai. Kini kerb atau gundukan gerigi di tepi lintasan Sirkuit Mandalika sudah mirip dengan kerb di Sirkuit Misano, Italia.

"Jadi, sebelumnya kerb di Sirkuit Mandalika itu kerb biasa, lebarnya 1 meter. Yang baru ini bertambah lebar, jadi 1,5 meter, seperti di Sirkuit Misano, makanya disebut Kerb Misano," kata Direktur Teknik dan Operasi Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Samsul Purba dikutip Antaranews, Kamis (6/10/2022).

Samsul lebih lanjut menjelaskan bahwa perbaikan kerb di Sirkuit Mandalika selanjutnya berada di tikungan 5 dan tikungan 6. Panjang keseluruhannya 260 meter.

"Perbaikannya tidak menerus dalam satu garis, jadi ada beberapa titik di dua tikungan itu saja," tambah Samsul.

Ditegaskan Samsul, perbaikan kerb ini merupakan rekomendasi dari Dorna Sport sekaligus Federasi International Motorcycle (FIM). Ini juga menjadi salah satu persyaratan agar Mandalika bisa mendapatkan homologasi grade A. Di samping itu, MGPA juga melakukan perbaikan sisi lintasan aspal di beberapa tikungan.

"Yang diminta itu pelebaran run-off di lima tikungan. Tiga tikungan sudah diaspal dua lapis, dua tikungan lagi masih pekerjaan tanah," katanya.

Lalu untuk perbaikan jalur lintasan yang diminta diaspal ulang, dikatakan pada akhir Oktober sudah rampung. Dengan begitu, Sirkuit Mandalika siap menggelar ajang World Superbike pada 11-13 November mendatang.

"Untuk track, kami targetkan 30 Oktober sudah selesai," pungkas Samsul.

Sekadar informasi, pekerjaan track improvement ini sudah berlangsung sejak 20 Agustus 2022 dimulai dengan pembongkaran area gravel bed di tikungan 10, 11, dan 12. Pasalnya, untuk pelebaran run off, area gravel harus lebih dulu dibersihkan.

Adapun, kegiatan track improvement ini dikerjakan oleh PT PP (Persero) dengan sub kontraktor konsultan desain dan supervisi Studio Dromo Italia. Studio Dromo Italia itu diketahui sebagai konsultan yang mendesain dan membangun sejumlah sirkuit balap di dunia seperti di Silverstone Inggris, Spa-Francorchamps Belgia, Mugello Circuit Italia, dan Street Circuit Singapura.



Simak Video "Tes Pramusim MotoGP 2023 Tak Singgah ke Mandalika, Apa Sebabnya?"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT