2 Bus Listrik Lokal Rakitan Tentrem dan Laksana Curi Perhatian Dunia

ADVERTISEMENT

Busworld 2022

2 Bus Listrik Lokal Rakitan Tentrem dan Laksana Curi Perhatian Dunia

Luthfi Anshori - detikOto
Kamis, 06 Okt 2022 10:46 WIB
Bus listrik Tentrem tampil di Busworld 2022
Bus listrik Tentrem hasil kolaborasi dengan PT INKA hadir di Busworld 2022 (5-7/10/2022). Foto: Luthfi Anshori/detikOto
Jakarta -

Setelah dua tahun absen, pameran bus terbesar di Asia Tenggara, Busworld Southeast Asia kembali diselenggarakan di arena JIExpo, Kemayoran, Jakarta. Pameran berskala internasional ini menjadi tempat yang bagus bagi para karoseri lokal untuk 'unjuk gigi' ke dunia. Karoseri Tentrem dan Laksana pun memanfaatkan momen ini untuk memperkenalkan produk bus listrik full baterai mereka.

Bus listrik Laksana Cityline 3 sejatinya telah cukup lama diperkenalkan, namun memang baru pertama kali ini hadir di pameran otomotif. Bus ini memakai sasis dari China, BYD.

Bus listrik Laksana tampil di Busworld 2022Bus listrik Laksana tampil di Busworld 2022 Foto: Luthfi Anshori/detikOto

Untuk spesifikasi singkatnya, bagian eksterior menggunakan bahan aluminium dan galvanized steel, kaca depan menggunakan laminated glass, kaca area samping, dan belakang menggunakan tempered glass.

Bus listrik ini mengusung konsep high floor alias lantai tinggi, sehingga sangat cocok digunakan untuk bus perkotaan seperti Transjakarta. Soal kapasitas, mampu mengangkut hingga 80 orang.

Bus listrik Tentrem tampil di Busworld 2022Bus listrik Tentrem tampil di Busworld 2022 Foto: Luthfi Anshori/detikOto

Lanjut ke bus listrik Tentrem, merupakan bus listrik hasil kolaborasi dengan perusahaan BUMN, PT INKA (Industri Kereta Api). Jadi PT INKA bikin sasisnya, sementara Tentrem mengarsiteki pembuatan bodinya, termasuk interiornya.

Bus listrik Tentrem yang dinamakan E-Inobus ini mengusung konsep low floor (lantai rendah) yang tentunya sangat ramah untuk penyandang disabilitas. Bus ramah lingkungan yang rencananya mendukung pelaksanaan KTT G20 di Bali ini memiliki panjang hingga 12 meter.

Bus listrik Tentrem hasil kolaborasi dengan PT INKA bisa menempuh jarak hingga 250 km, serta mencatatkan top speed 80 km/jam. Bus listrik ini dibekali baterai produksi lokal merek ABC yang memiliki kapasitas 355 kWh. Bus listrik ini bisa menampung 60 orang (37 duduk, 23 berdiri).

Soal performa, bus listrik yang menggunakan sasis semi monokok ini diklaim memiliki tenaga 265 kW dan torsi 3.300 Nm. Bus listrik ini juga diklaim bisa dicas penuh baterainya dalam 3-4 jam.



Simak Video "Keren! Bus Listrik Tentrem Pakai Baterai Buatan Dalam Negeri"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/lth)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT