Mobil Beli Pertalite Pelat Nomor Dicatat, Bakal Segera Dibatasi?

ADVERTISEMENT

Mobil Beli Pertalite Pelat Nomor Dicatat, Bakal Segera Dibatasi?

Dina Rayanti - detikOto
Rabu, 07 Sep 2022 17:07 WIB
Mulai hari ini berbagai harga BBM turun serentak, mulai dari bensin premium, solar, Pertamax hingga Pertalite. Harga premium di wilayah Jawa-Madura-Bali turun dari Rp 7.400/liter jadi Rp 7.050/liter.
Pembeli Pertalite di SPBU pelat nomornya mulai dicatat. (Foto: Grandyos Zafna/detikoto)
Jakarta -

Wacana pembatasan mobil pengguna Pertalite telah mencuat dalam satu bulan terakhir. Kabarnya, dengan adanya pembatasan hanya kendaraan kriteria tertentu yang masih boleh mengisi Pertalite.

Kriteria itu disebut tengah disusun pemerintah, tujuannya agar penyaluran BBM Pertalite yang kini mendapat subsidi lebih tepat sasaran. Tapi sampai saat ini, belum ada kriteria ataupun persyaratan khusus bagi masyarakat untuk membeli Pertalite.

Di sisi lain, Pertamina sebagai penyalur BBM subsidi telah meminta pengguna Pertalite untuk mendaftarkan kendaraannya ke link tersedia. Setelah mendaftar, pengguna Pertalite bakal mendapatkan QR Code dan bisa digunakan untuk bertransaksi. Baru-baru ini, Pertamina telah melakukan uji coba penggunaan QR Code di sejumlah SPBU. Lalu apakah pembelian Pertalite sudah mulai dibatasi?

"Sementara belum dilakukan pembatasan," tegas Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga Irto Ginting saat dikonfirmasi detikcom.

Kata Irto, konsumen masih dengan bebas membeli Pertalite. Bagi yang telah mendapatkan QR Code, maka bisa menggunakannya untuk bertransaksi. Sedangkan bila sudah mendaftar tapi belum mendapatkan QR Code, petugas SPBU akan mencatat pelat nomor mobil kamu.

"Agar terdata di sistem kendaraan yang mengisi BBM subsidi," kata Irto soal pencatatan pelat nomor kendaraan pembeli Pertalite.

Tak lupa, ia meminta kepada pengguna BBM subsidi baik berjenis Pertalite ataupun solar yang belum mendaftar agar bisa langsung mengisi data di laman subsiditepat.mypertamina.id. Atau kalau merasa bingung mengisinya, konsumen bisa langsung mendatangi SPBU yang telah ditetapkan.

Untuk mempermudah proses pendaftaran khususnya mobil pribadi, ada sejumlah dokumen yang bisa kamu siapkan dengan rincian sebagai berikut.

1. Foto KTP
2. Foto Diri
3. Foto STNK Depan dan Belakang (Dibuka)
4. Foto Kendaraan Tampak Semua (Tampang Depan dan Sisi)
5. Foto Nomor Polisi Kendaraan



Simak Video "Ternyata Segini Harga Asli Pertalite Tanpa Subsidi"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT