Momen HUT Ke-77 RI, Apa Arti Kemerdekaan bagi Ojol?

ADVERTISEMENT

MerdekaAlaOtoLovers

Momen HUT Ke-77 RI, Apa Arti Kemerdekaan bagi Ojol?

Arief Budiman - detikOto
Jumat, 19 Agu 2022 17:40 WIB
Driver Ojol
Foto: dok. Screenshot/20detik
Jakarta -

Indonesia kembali merayakan hari kemerdekaannya. Di tahun ini, Indonesia memasuki usia ke-77 tahun. Bagi Indonesia, 77 tahun yang lalu merdeka berarti terbebas dari penjajahan. Namun di masa kini, merdeka tentu memiliki makna tersendiri bagi masing-masing orang, tak terkecuali bagi pengemudi ojek online (ojol).

Salah satu pengemudi ojol bernama Arya Madya Wirayudha mengungkapkan makna kemerdekaan baginya yaitu bisa bebas. Lalu dalam konteks negara, tidak dijajah oleh negara lain.

"Merdeka itu artinya menurut saya bebas, dalam konteks bernegara itu negara kita itu tidak dijajah oleh negara lain," ujar Arya.

Arya juga mengungkapkan momen yang paling berkesan saat hari kemerdekaan, yaitu lomba yang digelar masyarakat hingga atribusi bendera yang terpasang di rumah-rumah.

"Jadi di tiap daerah itu diadakan lomba 17 Agustus, kemudian nuansanya juga paling saya ingat setiap awal bulan Agustus itu di depan rumah warga-warga setempat itu dipasang bendera Republik Indonesia," tutupnya.

Sebagai informasi, Indonesia kembali merayakan hari kemerdekaannya. Di tahun ini, Indonesia memasuki usia ke-77 tahun. Bagi Indonesia 77 tahun yang lalu, merdeka berarti terbebas dari penjajahan. Namun di masa kini, merdeka tentu memiliki makna tersendiri bagi masing-masing orang.

Dalam memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia ke-77, detikcom menginisiasi kampanye 'Merdeka Bagi Mereka'. Di kampanye ini akan ada kumpulan kisah inspiratif tentang arti 'Merdeka Bagi Mereka' dari berbagai figur dan perspektif. Adapun artikel ini didukung oleh Toyota.

Simak terus kampanye 'Merdeka Bagi Mereka' mulai 17 Agustus 2022 hanya di sini.



Simak Video "Lahir di 17 Agustus. 16 Bayi Ini Diberi Pernak-pernik Kemerdekaan"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT