ADVERTISEMENT

Ini Alasan Leasing Masih Ragu Layani Kredit Kendaraan Listrik

Septian Farhan Nurhuda - detikOto
Kamis, 18 Agu 2022 10:04 WIB
Toyota bz4x di GIIAS 2022
Perusahaan leasing masih ragu memberikan pembiayaan mobil listrik (Foto: Luthfi Anshori/detikOto)
Jakarta -

Popularitas dan pasar kendaraan listrik terus berkembang di Indonesia. Tapi ternyata perusahaan pembiayaan masih ragu memberi pelayanan kredit kendaraan listrik.

Astra Financial, yang merupakan sponsor platinum Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS 2022), mengaku belum berminat menyediakan layanan pembiayaan untuk pembelian kendaraan listrik. Padahal, sejak beberapa tahun terakhir, peminat kendaraan listrik terus tumbuh.

Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan, Ogi Prastomiyono mengatakan, hingga sekarang pihaknya masih mempelajari pasar kendaraan listrik di Indonesia. Sebab, meski peminatnya tumbuh, namun dibandingkan kendaraan bensin, menurutnya masih belum ada apa-apanya.

"Kita masih belum kalau untuk (pembiayaan) mobil listrik ya. Kita masih wait and see sampai sekarang, ya," ujar Ogi saat berbincang dengan detikOto di ICE BSD, Tangerang Selatan, beberapa waktu lalu.

Hingga sekarang, belum banyak agen pemegang merek (APM) yang menjual kendaraan listrik secara massal di Indonesia. Selain itu, menurutnya, infrastrukturnya juga masih terbatas. Sehingga, masih butuh waktu untuk mempelajarinya lebih dalam.

"Sampai sekarang infrastrukturnya juga belum terbangun dengan baik. Kita pokoknya masih wait and see. Kita juga harus waspadai bagaimana dampaknya terhadap kendaraan konvensional lainnya," terangnya.

"Tetapi itu menjadi perhatian, karena dari grup Astra juga sudah menyampaikan bahwa ini menjadi dunia baru ke depan dan tantangannya kepada otomotif lainnya," kata Ogi menambahkan.

Astra Financial kembali menjadi sponsor platinum GIIAS 2022 dan menempati selasar pameran di hall 3 ICE BSD, Tangerang Selatan. Selain booth utama, mereka juga memiliki lima booth kecil yang tersebar di sejumlah titik pameran.

Tahun ini, Astra Financial mengusung tema 'spirit of future yang selaras dengan tema GIIAS 2022, yakni future is bright. Tema tersebut menonjolkan semangat optimisme Astra Financial dalam menatap masa depan dengan hadir sebagai mitra keuangan masyarakat Indonesia.

"Tema spirit of future yang diusung Astra Financial menegaskan misi kami untuk menjadi mitra keuangan bagi kesejahteraan masyarakat Indonesia, tidak terkecuali para pelaku industri otomotif," kata Director-in-charge Astra Financial, Suparno Djasmin.



Simak Video "Lexus RX Terbaru Muncul di GIIAS 2022, Ada Versi Listrik dan Hybrid"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT