ADVERTISEMENT

Mobil Kepresidenan Era Soekarno hingga Jokowi Bakal Dipamerkan, Apa Saja Ya?

Tim detikcom - detikOto
Selasa, 02 Agu 2022 19:33 WIB
Mobil Kepresidenan RI
Mobil kepresidenan RI-1 Foto: Pameran Virtual Istana Presiden
Jakarta -

Sudah 7 presiden memimpin Indonesia, mulai Soekarno hingga Joko Widodo. Sejak itu pula sudah beberapa kali mobil kepresidenan berganti.

Menyambut hari ulang tahun ke-77 Republik Indonesia, pemerintah akan menggelar pameran arsip dan mobil kepresidenan dengan mengusung tema "Indonesia Menjawab" di Sarinah, Jakarta. Menariknya 7 mobil presiden akan dipamerkan. Pameran ini akan berlangsung sedari 13 Agustus hingga 22 Agustus 2022.

"Kita akan lebih menekankan bagaimana para presiden, tujuh presiden ini menjawab krisis dan tantangan di zamannya masing-masing. Katakanlah di zaman Pak Soekarno, bagaimana beliau menyatukan seluruh bangsa Indonesia. Masing-masing presiden punya tantangannya sendiri, masing-masing presiden ini punya krisis yang harus dijawab. Dan yang terakhir di Presiden ke-7, Pak Presiden Jokowi menjawab tantangan krisis global, bagaimana menjawab pandemi COVID-19 ini," ujar Kementerian Sekretariat Negara (Sesmensetneg), Seya Utama dalam keterangan resminya, dikutip Selasa (2/8/2022).

Sementara mobil-mobil yang dipamerkan merupakan kendaraan yang pernah digunakan para Presiden RI mulai zaman Presiden Soekarno hingga Presiden Jokowi

"Ini akan menarik karena mobil-mobil itu dipakai oleh para presiden kita, tujuh presiden kita," ujarnya.

Dalam perayaan HUT ke-77 RI ini, kita pun memiliki kesempatan untuk menilik deretan tunggangan orang nomor 1 di Indonesia itu. Diketahui sejak itu pula sudah beberapa kali Mobil Kepresidenan berganti, mulai Cadilllac Fleetwood hingga Mercedes Benz.

Diawali dari Presiden Soekarno, jika saat ini mobil kepresidenan menggunakan mobil Eropa, berbeda dengan Soekarno kala baru menjabat menjadi Presiden Republik Indonesia pertama. Mobil kepresidenan Soekarno kala itu menggunakan Buick-8. Mobi ldinas pertama RI-1 ini didapatkan dari pemberian Pemuda Benteng 31.

Salah satu mobil kepresidenan yang pernah dipamerkan Sekretariat Negara ialah Cadillac Fleetwood Brougham, mobil itu disebut juga pernah melayani Presiden Soekarno, Soeharto, dan B.J Habibie.

Lalu di era masa pemerintahan Soeharto, mobil dinas berganti. Presiden ke-2 RI itu menggunakan Mercedes-Benz 500SEL Limousine keluaran 1987. Sejak era Soeharto, Mercedes-Benz menjadi langganan mobil nomor orang satu di Indonesia.

Model lain yang pernah dipakai ialah Mercedes-Benz S280. Mobil buatan Jerman yang diproduksi tahun 1980 ini pernah digunakan Soeharto dan Ibu Tien Soeharto pada tahun 1983-1998, BJ Habibie pada tahun 1998-2000, dan Presiden ke-4 Abdurrahman Wahid (Gus Dur) pada tahun 2000-2001.

Di masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) hingga Jokowi saat ini Mercy tetap menjadi merek mobil kepresidenan. Model yang digunakan yakni Mercedes-Benz S600 Guard.



Simak Video "Mobil Kepresidenan Era Soekarno Hingga Jokowi Mejeng di Sarinah"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lth)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT