ADVERTISEMENT

Populer Sepekan

Mobil-mobil yang Ditumpangi Jokowi di Luar Negeri

Tim detikcom - detikOto
Minggu, 31 Jul 2022 15:39 WIB
Mobil Mewah Mercedes-Maybach S 600 Guard Jokowi di Korea
Foto: Mobil Mewah Mercedes-Maybach S 600 Guard Jokowi di Korea (Youtube Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam beberapa hari pekan lalu mengunjungi tiga negara di Asia Timur, yaitu China, Jepang, dan Korea Selatan. Selama kunjungan ke tiga negara tersebut, Jokowi menggunakan mobil VVIP yang telah disiapkan. Apa saja?

Di China, Jokowi dijemput limosin mewah asli China. Namanya Hongqi L5. Limosin Hongqi L5 ini tergolong mobil yang mewah, cocok untuk kalangan VVIP. Mengutip laman Hot Cars, Hongqi L5 merupakan penantang mobil-mobil Eropa sekelas Mercedes-Benz, Bentley, hingga Rolls-Royce.

Mobil ini kabarnya dibanderol 5 juta yuan atau kalau dirupiahkan setara Rp 11 miliar.

Spesifikasinya pun nggak main-main. Mobil ini dibekali mesin V12 berkapasitas 6.000 cc. Mesin itu mampu memuntahkan tenaga hingga 402 daya kuda pada 5.600 rpm dengan torsi maksimal 550 Nm pada 4.000 rpm.

Tenaga disalurkan melalui transmisi manual-auto 6 percepatan. Kecepatan tertingginya mencapai 210 km/jam.

Jokowi disambut Hongqi L5, mobil termahal di China saat di BeijingJokowi disambut Hongqi L5, mobil termahal di China saat di Beijing Foto: Youtube Sekretariat Presiden

Secara desain, Hongqi L5 hadir dengan gaya klasik khas Hongqi. Desain lampu utamanya berbentuk laras senapan.

Hongqi L5 ini lahir untuk memberikan keanggunan dan kemewahan. Sebagai limosin mewah, mobil ini menawarkan kenyamanan untuk penumpangnya. Jok kelas atas memiliki sandaran kepala yang bentuknya terinspirasi dari topi resmi di Dinasti Tang. Jok mobil ini memiliki fungsi pijat. Hongqi mengklaim kenyamanan kursi mobil ini dibuat setara dengan kabin pesawat pribadi.

Sementara itu, sandaran kursi yang dapat disetel dilengkapi dengan pemanas 5 tingkat yang dapat disesuaikan. Layar LCD 6,5 inchi dengan resolusi 640x480 tertanam di setiap sandaran kepala jok depan.

Pegangan pintu di depan dan belakang memiliki tambahan batu giok dengan bentuk yang terinspirasi oleh perhiasan emas dengan garis-garis halus yang membentuk gambar awan dan naga.

Selanjutnya, saat di Jepang, Jokowi dijemput mobil mewah Eropa, Mercedes-Maybach S 600 Guard. Mobil ini lebih mewah ketimbang mobil dinas Jokowi yang digunakan sehari-hari di Indonesia.

Mercedes-Maybach S 600 Guard yang dipakai Jokowi di Jepang ini meluncur sejak 2016 lalu. Dikutip dari siaran pers Mercy, saat peluncurannya pada Februari 2016 lalu Mercedes-Maybach S 600 Guard dijual dengan harga mulai dari 470.000 euro. Itu setara dengan Rp 7,1 miliaran dengan kurs saat ini.

Spesialnya dari Mercedes-Maybach S 600 Guard adalah kemewahan, kenyamanan, dan perlindungan terhadap penumpangnya yang biasanya kalangan petinggi negara. Menyandang nama Maybach, Mercedes-Maybach S 600 Guard ini tergolong lebih mewah daripada mobil dinas Jokowi di Indonesia. Mercy menyebut, Mercedes-Maybach S-Class memadukan kesempurnaan Mercedes-Benz S-Class dengan eksklusivitas Maybach.

Kemewahan dari sebuah Maybach terpancar dari interiornya yang memanjakan penumpang. Dengan panjang 5.453 mm dan jarak sumbu roda 3.365 mm, Mercedes-Maybach S 600 Guard ini memiliki dimensi 20 cm lebih panjang dibandingkan sedan S-Class. Penumpang belakang mendapat manfaat dari peningkatan ukuran ini karena lebih lapang. Dari perlengkapan standar juga lebih baik, mencakup kursi eksekutif di kiri dan kanan dan detail eksklusif lainnya seperti amplifikasi suara yang inovatif.

Mercedes-Maybach S 600 GuardMercedes-Maybach S 600 Guard Foto: Daimler AG/Daimler AG - Global Communicatio

Sebagai mobil petinggi negara, Mercedes-Maybach S 600 Guard memiliki kemampuan menangkal serangan peluru dari senapan serbu. Mobil ini telah disertifikasi oleh Otoritas Balistik di Ulm, Jerman, dengan peringkat perlindungan VR10 menurut Petunjuk BRV 2009 Versi 2 (Kendaraan Tahan Peluru). Pedoman ini menetapkan bahwa bodi dan jendela harus mampu menahan peluru inti baja yang dikeraskan yang ditembakkan dari senapan serbu.

Mercedes-Maybach S 600 Guard juga memiliki peringkat ERV 2010 (Kendaraan Tahan Peledak). Dalam pengujian dengan ledakan besar dari semua sisi, tulangan baja, kaca khusus dan pelindung bagian bawah bodi mobil serta pelindung atap tambahan memberikan ketahanan ledakan yang menjanjikan. Mercedes-Maybach S600 Guard mampu memberikan ketahanan efektif dari dua granat tangan HG 85 yang diledakkan secara bersamaan.

Soal jantung pacunya sama dengan Mercedes-Benz S 600 Guard yang dipakai Jokowi di Indonesia. Mercedes-Maybach S 600 Guard menggendong mesin V12 6.0 liter atau tepatnya 5.980 cc. Mesin itu memiliki tenaga maksimal 523 daya kuda pada 4.900-5.300 rpm dengan torsi maksimal 830 Nm pada 1.900-4.000 rpm. Akselerasi 0-100 km/jam dituntaskan dalam 7,9 detik dengan kecepatan maksimal 190 km/jam yang dibatasi secara elektronik.

Selain di Jepang, Mercedes-Maybach S 600 Guard juga digunakan Jokowi saat berkunjung ke Korea Selatan.



Simak Video "Mobil Kepresidenan Era Soekarno Hingga Jokowi Mejeng di Sarinah"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT