ADVERTISEMENT

Jokowi Naik Limosin China di Beijing, Kerenan Mana dengan Mobil Dinas Mercy?

Tim detikcom - detikOto
Selasa, 26 Jul 2022 18:05 WIB
Jokowi disambut Hongqi L5, mobil termahal di China saat di Beijing
Mobil yang jemput Jokowi di China. (Foto: Youtube Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijemput salah satu mobil mewah China, Hongqi L5, setibanya di Beijing. Hongqi L5 ini menjadi salah satu mobil termahal di China. Di sisi lain, mobil dinas Jokowi di Indonesia adalah Mercedes-Benz S600 Guard. Kerenan mana?

Limosin Hongqi L5 ini tergolong mobil yang mewah, cocok untuk kalangan VVIP. Mengutip laman Hot Cars, Hongqi L5 merupakan penantang mobil-mobil Eropa sekelas Mercedes-Benz, Bentley, hingga Rolls-Royce.

Mobil ini kabarnya dibanderol 5 juta yuan atau kalau dirupiahkan dengan kurs saat ini (1 yuan = Rp 2.215) setara Rp 11 miliar.

Hongqi L5 ditenagai mesin V12 berkapasitas 6.000 cc. Tenaga maksimalnya mencapai 402 daya kuda pada 5.600 rpm dengan torsi maksimal 550 Nm pada 4.000 rpm. Tenaga disalurkan melalui transmisi manual-auto 6 percepatan. Kecepatan tertingginya mencapai 210 km/jam.

Dari segi desain, Hongqi L5 hadir dengan gaya klasik khas Hongqi. Desain lampu utamanya berbentuk laras senapan.

Pegangan pintu di depan dan belakang memiliki tambahan batu giok dengan bentuk yang terinspirasi oleh perhiasan emas dengan garis-garis halus yang membentuk gambar awan dan naga.

Hongqi L5 ini lahir untuk memberikan keanggunan dan kemewahan. Sebagai limosin mewah, mobil ini menawarkan kenyamanan untuk penumpangnya. Jok kelas atas memiliki sandaran kepala yang bentuknya terinspiras dari topi resmi di Dinasti Tang. Jok mobil ini memiliki fungsi pijat. Hongqi mengklaim kenyamanan kursi mobil ini dibuat setara dengan kabin pesawat pribadi.

Sebagai mobil petinggi negara, tampaknya Hongqi L5 ini hadir dengan spesifikasi antipeluru. Apalagi, Presiden Republik Rakyat China Xi Jinping juga menggunakan mobil yang sama.

Mercedes-Benz S-Class, S 600 GuardMercedes-Benz S-Class, S 600 Guard Foto: Mercedes-Benz

Di sisi lain, di Indonesia Jokowi menggunakan Mercedes-Benz S-Class sebagai mobil dinas kepresidenan. Adapun Mercy S-Class yang dipakai Jokowi adalah Mercedes-Benz S600 Guard. Mobil ini merupakan kendaraan yang dirancang super aman sebagai kendaraan kepresidenan.

Mercedes-Benz S-Class merupakan salah satu model flagship Mercedes-Benz. S600 Guard dibekali beragam teknologi terbaik. Begitu juga soal performa dan dinamika berkendaranya.

Pabrikan mobil asal Jerman itu membuat S 600 Guard sebagai kendaraan khusus yang dirancang dengan tingkat keselamatan dan keamanan tinggi. Sebagai mobil petinggi negara, Mercedes-Benz S 600 Guard dibuat antipeluru. Mobil ini juga memiliki lantai antipeluru untuk melindungi penghuninya dari ledakan bom.

Di seluruh bagian mobil dilapisi bahan antipeluru. Selain itu adanya run-flat tyre memungkinkan mobil masih bisa melaju meski ban dalam kondisi kempis. Untuk mencegah ledakan, tangki bahan bakar juga dibuat antipeluru dan memiliki sistem pemadaman api. Dari sisi keamanan, kendaraan ini sudah mendapatkan sertifikat VR 10 yang menjadi standar kendaraan dengan tingkat keamanan tertinggi untuk kendaraan non-militer.

Dari sektor dapur pacu, sopir bisa ngebut berkat mesin V12 bertenaga 530 daya kuda yang dipasang di mobil. Mesin ini sanggup membawa mobil melaju sampai kecepatan maksimum 210 km per jam.



Simak Video "PPnBM Kembali Normal, Harga Mobil LCGC Toyota Naik"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT