ADVERTISEMENT

Seperti di Pesawat, Bus Double Decker PO Kencana Punya Layanan Pramugari

Tim detikcom - detikOto
Selasa, 19 Jul 2022 16:16 WIB
Bus double decker PO Kencana garapan karoseri Tentrem
Bus double decker PO Kencana memiliki layanan pramugari seperti di pesawat. Foto: Instagram @tentrembusofficial
Jakarta -

PO Kencana resmi merilis bus double decker terbaru untuk trayek Jepara-Jakarta. Bodi bus ini dibuat di karoseri Tentrem dengan kombinasi sasis besutan Eropa merek Scania. Keunggulan bus ini adalah memiliki layanan pramugari seperti di moda transportasi pesawat.

Bus double decker PO Kencana ini menggunakan bodi Tentrem Avante D2. Dari sisi eksterior, bus ini menggunakan warna pink yang dipadu dengan warna abu-abu. Terdapat pula sentuhan grafis bergambar daun berwarna hijau.

Geser ke bagian interior, bus berjuluk 'Emiliano' ini punya layout yang cukup menarik, di mana dek bawah dikhususkan untuk kelas sleeper. Selain itu, di lantai bawah ini juga terdapat fasilitas toilet.

Lanjut ke bagian dek atas, terdapat kursi penumpang konvensional dengan konfigurasi seat 2-2. Penumpang juga mendapatkan fasilitas berupa layanan AVOD (Audio Video On Demand), serta ada satu TV berukuran besar di baris kursi paling depan.

Dalam tayangan video di kanal YouTube Bapak Mustofa Kepala Jenggot, disebutkan harga tiket PO Kencana dihargai Rp 250 ribu untuk kelas sleeper-nya, sementara kelas eksekutif di dek atas harga tiketnya Rp 200 ribu. Sebagai catatan, harga tiket tersebut merupakan harga promo.

Menariknya, PO Kencana ini juga memiliki layanan pramugari. Sama seperti warna identitas pada bus ini, para pramugari PO Kencana juga menggunakan seragam dengan warna serba pink.

Tujuan adanya pramugari adalah untuk membantu para penumpang. Mulai dari menyambut penumpang di pintu masuk bus, menanyakan kebutuhan para penumpang, mengecek penumpang, menata bantal dan selimut di kursi, hingga menawarkan pilihan menu makanan.

Sebagai informasi, bus double decker PO Kencana menggunakan sasis Scania K410iB, yang dipasarkan oleh United Tractors. Di atas kertas, Scania K410iB dibekali mesin 13.000 cc, 6-Silinder Segaris, Turbo charger, Intercooler.

Soal output tenaga, sasis bus yang memiliki tiga axle ini bisa menghasilkan tenaga puncak 410 dk pada 1.900 rpm dan torsi puncak 2.000 Nm di rentang 1.000-1.350 rpm.

Bus double decker PO Kencana akan digunakan untuk rute AKAP (Antar Kota Antar Provinsi) untuk melayani trayek Jepara-Jakarta. Ini tentunya menjadi kabar baik bagi para peminat transportasi bus di wilayah Jawa Tengah, sebab keberadaan bus AKAP double decker masih cukup jarang di trayek ini.



Simak Video "Penyesuaian Harga BBM, Tarif Bus AKAP Ekonomi Resmi Naik"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/lth)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT