Bos PO SAN Beri Bocoran Bus Laksana Legacy SR3 yang akan Launching di GIIAS

ADVERTISEMENT

Bos PO SAN Beri Bocoran Bus Laksana Legacy SR3 yang akan Launching di GIIAS

Luthfi Anshori - detikOto
Kamis, 07 Jul 2022 10:07 WIB
Bus single glass Laksana Legacy SR2 Panorama yang akan digunakan PO SAN
Laksana Legacy SR2 Panorama. (Foto: Dok. Laksana)
Jakarta -

Laksana akan meluncurkan bus baru di arena Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022. Bus ini akan menjadi penerus varian Legacy SR2. Kira-kira seperti apa ya ubahan yang terjadi pada Legacy SR3 ini?

PO SAN akan menjadi salah satu perusahaan pertama yang menggunakan bodi bus teranyar Laksana ini. Menurut Direktur Utama PT SAN Putera Sejahtera (PO SAN) Kurnia Lesani Adnan, PO SAN akan memamerkan Legacy SR3 Single Glass di pameran GIIAS 2022 Agustus nanti.

"InsyaAllah nanti di GIIAS kita ada tipe baru dari Laksana SR3 Single Glass. Kita pakai sasis Scania K360 (IB) 4x2 Opticruise," bilang pria yang akrab disapa Sani dihubungi detikOto (6/7/2022).

Ada alasan khusus mengapa PO SAN kembali mengadopsi kaca depan tunggal (single glass) di bus terbarunya ini. PO SAN ingin memberikan kenyamanan lebih kepada konsumen dengan menyajikan pandangan luas ke depan tanpa sekat.

"Karena kalau pakai Double Glass itu memang gagah dari luar. Tapi kalau dilihat dari dalam, nggak nyaman buat penumpang. Apalagi bus kami di Sumatra, yang jalannya berliku-liku, itu nggak nyaman," tambah Sani.

Sebelumnya PO SAN juga telah merilis bus Single Glass dari Laksana dengan nama varian Legacy SR2 Panorama Series. Bus ini menggunakan sasis retrofit besutan Golden Dragon.

"Kebetulan Agustus nanti ada GIIAS. Terus waktu awal tahun ngobrol-ngobrol sama Laksana, sama pak Stefan. Memang kebetulan PO SAN punya rencana untuk peremajaan unit, kami diskusi, dan akhirnya (tercetus bikin bus baru) pakai sasis kami," lanjut Sani.

Lanjut Sani menambahkan, nantinya akan ada tiga model Legacy SR3 yang dipajang di booth Laksana. "Ada yang model passanger seperti punya kita (PO SAN), ada yang model Suites Combi, sama ada lagi Suites Class. Ini pakai SR3 semua," sambungnya.

Soal ubahan desain, menurut Sani Legacy SR3 mengalami ubahan pada lampu depan dan lampu belakang, termasuk juga desain selendangnya. Lalu ada beberapa aksen juga yang berubah.



Simak Video "Bus Buatan Semarang Mendunia, Kali Ini Giliran Legacy SR3?"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT