ADVERTISEMENT

Terkuak Spek Motor Listrik Ducati buat MotoE: Top Speed 275 Km/Jam

Ridwan Arifin - detikOto
Minggu, 03 Jul 2022 08:12 WIB
MotoE
Motor listrik pertama Ducati Foto: Ducati
Jakarta -

Ducati membuka data teknis motor listrik untuk diterjunkan ke MotoE. Motor listrik itu akan dipasok untuk kejuaraan MotoE mulai 2023 hingga 2026.

Motor prototipe "V21L" di Borgo Panigale merupakan sepeda motor listrik pertama Ducati. Pabrikan asal Borgo Panigale ini menjadi mitra pemasok tunggal dengan 18 sepeda motor di lintasan.

Ducati R&D menangani semua kegiatan proyeknya. Sementara desain MotoE diurus oleh Centro Stile Ducati yang juga menciptakan livery motor.

Ducati Corse, di sisi lain, mengerjakan desain suku cadang elektronik, kontrol dan strategi perangkat lunak, simulasi dinamika dan aerodinamika sepeda motor dan akhirnya pada proses perakitan, pengujian dan akuisisi data motor.

Hasilnya, Ducati MotoE memiliki berat total 225 kg. Motor ini diklaim bisa memuntahkan tenaga 110 kW (150 hp) dan dan torsi 140 Nm, yang memungkinkannya mencapai kecepatan 275 km/jam di sirkuit seperti Mugello, Italia.

Baterai motor balap ini memiliki bobot 110 kg berkapasitas 18 kWh dengan soket pengisi daya 20 kW yang terintegrasi di bagian ekor. Di dalamnya ada 1.152 sel silinder tipe "21700".

Salah satu pengembangan teknis tercanggih yang diuji pada MotoE Ducati menyangkut sistem pendingin. Komponen prototipe sebenarnya didinginkan oleh sistem cairan. Jadi tidak perlu menunggu baterai dingin untuk memulai proses: Ducati MotoE dapat diisi daya segera setelah memasuki garasi, dan dibutuhkan sekitar 45 menit untuk mengisi ulang hingga 80% dari jangkauannya.

Casing serat karbon dari baterai juga berfungsi sebagai bagian sasis yang tertekan, seperti yang terjadi pada mesin Ducati Panigale V4, dengan Bingkai Depan aluminium monocoque untuk area depan seberat 3,7 kg.

Bagian belakang tersusun dari swingarm aluminium seberat 4,8 kg dengan geometri seperti yang dimiliki Ducati Desmosedici balap di MotoGP.

Ducati MotoEDucati MotoE Foto: Ducati

Area suspensi dilengkapi garpu bertekanan Ohlins NPX 25/30 dengan tabung terbalik berdiameter 43 mm di bagian depan, yang berasal dari Superleggera V4, sementara peredam kejut Ohlins TTX36 hadir di bagian belakang dan dapat disetel sepenuhnya. Peredam kemudi juga lansiran Ohlins yang dapat disesuaikan.

"Pengalaman Ducati di FIM MotoE™ World Cup akan menjadi dukungan mendasar untuk R&D produk, bersama dengan evolusi teknologi dan kimia. Membantu keahlian internal perusahaan untuk tumbuh sudah penting hari ini untuk siap, ketika saatnya tiba menempatkan Ducati listrik jalanan pertama ke dalam produksi," ujar Vincenzo De Silvio, Ducati R&D Director dalam keterangan resmi yang diterima detikcom, Jumat (1/7/2022).



Simak Video "Mirip Honda Zoomer, Keeway Luncurkan Citi Ezi di PEVS 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT