ADVERTISEMENT

Masa Depan Cerah, Rider 17 Tahun Ini Jadi Rebutan Tim Pabrikan MotoGP

Ridwan Arifin - detikOto
Selasa, 19 Apr 2022 17:24 WIB
Fermin Aldeguer
Fermin Aldeguer, rider muda yang dilirik pabrikan tim MotoGP Foto: Dok. Ferminaldeguer
Jakarta -

Rider Moto2, Fermin Aldeguer nampaknya punya masa depan cerah, pasalnya dia tengah jadi buruan tim MotoGP. Padahal usianya baru menginjak 17 tahun pada 5 April lalu.

Dicuplik dari MotoGP, Fermin Aldeguer sudah memecahkan rekor juara dunia lima kali, Jorge Lorenzo. Fermin didapuk sebagai pole sitter termuda kelas Moto2 saat melakoni laga di Sirkuit Termas de Rio Hondo, Argentina.

Saat usia 15 tahun, ia balapan bersama Yamaha di Kejuaraan Eropa Moto2™ dalam subkategori Superstock 600. Penampilannya mengejutkan semua orang, saat ia berhasil memenangi 6 balapan pertama. Pada tahun yang sama, dia meraih gelar di musim pertamanya dalam kategori tersebut.

Kiprah Fermin Aldeguer sudah menjadi buah bibir di kalangan paddock MotoGP saat dirinya berlaga di MotoE. Aldeguer, di usia yang masih belia bisa bertarung dengan rider lebih tua di balapan motor tanpa asap tersebut.

Fermin Aldeguer pernah satu kali pole position. Sebanyak 7 race MotoE dilakoninya pada musim 2021 lalu, dia mengumpulkan 51 poin.

Kini dia menjajal kelas Moto2 bersama dengan tim MB Conveyors Speed Up. Pada musim lalu, dia baru berumur 16 tahun tetap bisa finis di tempat ke 7 di Aragon. Atas potensi ini membuatnya dikontrak MB Conveyors Speed Up berdurasi 3 tahun pada akhir tahun 2021.

Lalu pada musim ini, dia berhasil menyelesaikan balapan di tempat ke-7 pada race di Sirkuit Mandalika. Dalam seri selanjutnya, Aldeguer menunjukkan tajinya dengan merebut pole position dalam sesi kualifikasi Moto2 Argentina, kendati di akhir balapan dia gagal finis karena mengalami insiden dengan Celestino Vietti.

Pada Moto2 Austin, Aldeguer juga menunjukkan bakatnya dengan jadi pebalap tercepat dalam sesi warm up. Tapi lagi-lagi dia gagal finis.

Meski begitu, Manajernya yang juga mantan pebalap GP 125 cc, Hector Faubel, mengatakan anak asuhnya punya masa depan yang cerah. Dua pabrikan tim MotoGP secara resmi sudah menawarkan masa depan Aldeguer.

Dia mengatakan Aldeguer akan tetap di Moto2™ musim depan tetapi mempertimbangkan tawaran dari dua pabrik untuk 2024.

"Kami akan mendengarkan tawaran tetapi tetap santai, dia masih sangat muda. Dua pabrik telah memberi kami tawaran dan setiap tim satelit telah menghubungi kami," ujar dia.

"Tahun depan, yang pasti, kami akan bertahan di Moto2. Kami berdua memutuskan untuk bertahan. karena kami membutuhkan pengalaman satu tahun lagi. Minimal kami akan melakukannya tahun ini dan tahun depan," jelasnya.

Hector bahkan mengaku kelimpungan menerima tawaran buat Fermin. Sebab beragam merek juga dikabarkan tertarik untuk mensponsori Fermin.

"Sudah gila. Minuman energi, helm, sarung tangan, sepatu bot, kulit, semua orang menghubungi saya. Mereka semua menginginkan Fermin," katanya.

Di sisi lain, Faubel juga tidak menampik bahwa aturan minimal umur MotoGP ialah 18 tahun. Meski begitu dia bilan Fermin akan datang sebagai pebalap MotoGP termuda pada 2024 mendatang.

"Mulai sekarang, para pebalap muda tidak bisa ikut kejuaraan (MotoGP). Fermin bakal satu tahun lebih muda dari semua orang yang akan bergabung (ke MotoGP) tahun depan," tambah dia.



Simak Video "Marc Marquez: Roger Federer Seperti Valentino Rossi"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT