ADVERTISEMENT

Sempat Dijual di Indonesia, Daihatsu Copen Edisi Spesial Sudah Ludes Terjual

Ridwan Arifin - detikOto
Selasa, 28 Jun 2022 10:31 WIB
Daihatsu Copen 20th Anniversary
Daihatsu Copen 20th Anniversary (Foto: Daihatsu)
Jakarta -

Daihatsu Motor Co Ltd memperkenalkan Copen 20th Anniversary di Jepang. Pemesanan kei car ini ditutup karena kuota 1.000 unit sudah terpenuhi.

Daihatsu Copen 20thn Anniversary sejatinya baru akan dijual di Jepang pada September 2022. Jumlah unitnya terbatas hanya 1.000 unit! tapi bagi konsumen yang tertarik sudah bisa melakukan pemesanan sejak 19 Juni 2022.

Menariknya, hanya berselang kurang dari seminggu, pemesanan Daihatsu Copen 20th Anniversary sudah ditutup pada 24 Juni lantaran kuota sudah terpenuhi.

Daihatsu Copen 20th Anniversary ini berbeda dari segi kosmetika yang pernah dijual di Indonesia. Seperti diketahui Astra Daihatsu Motor (ADM) pernah memasarkan Daihatsu Copen di Tanah Air. Tapi pemesanan sudah disetop sejak awal tahun 2019.

Daihatsu Copen 20th AnniversaryDaihatsu Copen 20th Anniversary Foto: Daihatsu

Daihatsu Copen edisi spesial ini dibangun dari basis generasi kedua (LA400) yang sudah diperkenalkan sejak tahun 2014, khususnya untuk model Cero.

Mernariknya Daihatsu Copen 20th Anniversary ini banyak menggunakan part aftermarket. Misalnya pada bagian interior ada setir yang dilapisi kulit Momo, sementara warna jok, setir, dan door trim dilabur warna beige.

Daihatsu Copen 20th AnniversaryDaihatsu Copen 20th Anniversary Foto: Daihatsu

Di sisi lain akan lebih banyak perbedaan, seperti lencana "20th Anniversary", lalu plakat bernomor sebagai nomor produksi, jok kulit Ivory, jok sport dengan embos "Copen" di sandaran kepala, dan panel instrumen beraksen perak dengan dasar hitam dan merah.

Pada area kaki-kaki terpasang satu set roda tempa BBS 16 inci yang dirancang khusus untuk Daihatsu Copen 20th Anniversary. Bagian eskterior lain yang terlihat ialah lampu depan LED dengan trim hitam, gagang pintu berlapis krom, dan logo Copen generasi pertama pada bagian belakang mobil.

Daihatsu Copen 20th AnniversaryDaihatsu Copen 20th Anniversary Foto: Daihatsu

Daihatsu Copen ini masih ditenagai oleh mesin tiga silinder KF-DET 658 cc turbocharged yang sama yang ditemukan di Copen biasa. Di atas kertas, mobil ini bisa memuntahkan tenaga 64 PS pada 6.400 rpm dan torsi 92 Nm, dengan penggerak ke roda depan. Tenaga itu dikawinkan melalui manual lima kecepatan, dan Super Active Shift CVT yang dilengkapi paddle shifter.

Soal harga mobil edisi spesial ini belum diumumkan. Namun Daihatsu Copen di Jepang dipasarkan mulai 1.888.700 Yen atau sekitar Rp 206 jutaan.

Daihatsu Copen pernah mampir ke Indonesia. Sejak awal diperkenalkan, mobil berkubikasi 660 cc ini memang tak begitu moncer. Dihargai Rp 435 jutaan, Copen terbilang tak begitu dilirik oleh peminat mobil mungil atap terbuka. Terbukti dari 2015, Copen hanya mampu dijual sebanyak 19 unit.



Simak Video "Ini Dia Mobil yang Bakal Didaftarkan Daihatsu Buat Diskon PPnBM"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT