Terpopuler Kemarin

Ambruk! Fortuner Terjungkal saat Cuci Pakai Sistem Hidrolik

Tim detikcom - detikOto
Jumat, 24 Jun 2022 12:51 WIB
Toyota Fortuner terjungkal saat cuci mobil hidrolik
Fortuner terjungkal saat cuci di steam hidrolik Foto: Screenshot Instagram kabarnegeri
Jakarta -

Toyota Fortuner yang terjungkal saat dicuci pakai mesin hidrolik dan kasus tilang ETLE (Electronic Traffic Law Enforcement) di persawahan menjadi berita populer otomotif kemarin. Berikut ini berita selengkapnya.

Fortuner terjungkal saat cuci hidrolik

Detik-detik Fortuner terjungkal saat cuci hidrolik terekam kamera pengawas CCTV. Saat mobil diangkat, posisinya langsung miring ke sebelah kanan. Gubrak!

Beruntung, pria yang tengah membersihkan ban itu tidak tertimpa Toyota Fortuner dari atas. Pekerja lainnya juga terlihat tidak tertimpa Toyota Fortuner yang terjungkal itu.

"Mobilnya nggak jadi bersih, malah rusak. Kira-kira salah siapa.⁉️," tulis sang pengunggah, akun kabarnegeri.

Cuplikan video itu pun ditanggapi beragam oleh warganet. Beberapa di antaranya mengungkap soal penggunaan hidrolik yang tidak tepat. Tidak sedikit juga yang menyampaikan keraguannya untuk mencuci mobil dengan sistem hidrolik tersebut.

Toyota Fortuner terjungkal saat cuci mobil hidrolikToyota Fortuner terjungkal saat cuci mobil hidrolik Foto: Screenshot Instagram kabarnegeri

"Ini hidrolik jaman dulu, emang sering bikin musibah hidrolik kaya gini, uda ada hidrolik palang dua," tulis seorang warganet menanggapi.

"hidroliknya yang model lama, gak yang baru itu lebih aman," sahut warganet lainnya.

"Pengalaman saya hidrolik itu macet, angin pendorong gak sempurna, perawatan dan sering-sering di maintenance hidrolik dan kompresornya," timpal warganet lainnya.

Untuk menghindari hal itu, pengendara harus lebih selektif dalam memilih tempat cuci mobil hidrolik. Instruktur Defensive Driving dan Riding GDDC Andry Berlianto menyarankan agar pengendara bisa memilih tempat cuci mobil hidrolik yang sudah punya nama dan berpengalaman. Tipe hidrolik pun penting diketahui pengendara.

"Pilih tempat mesin cuci hidrolik dengan sistem hidrolik tipe thunder H (bentuk seperti huruf H), itu jenisnya ada penopang ke seluruh empat roda kendaraan dan jauh lebih aman (pada video tampak bukan tipe thunder H)," terang Andry saat dikonfirmasi detikcom, Kamis (23/6/2022).

Andry juga menyarankan agar pengendara tidak langsung memarkir mobil sendiri ke sistem hidrolik. Pastikan ada pekerja di tempat cuci mobil itu yang memandu kamu memarkir di atas sistem hidrolik dengan baik. Atau kalau memang kesulitan, kamu bisa meminta bantuan mereka untuk memarkirkannya langsung.

[Lanjut Halaman Berikutnya >> Tilang ETLE pakai HP sampai ke pinggir sawah]



Simak Video "Duh! Ada Saja Cara Pengendara Mengakali ETLE di Tol"
[Gambas:Video 20detik]