Sering Cuci Mobil Hidrolik? Waspada Bisa Merusak Bagian Ini

Dina Rayanti - detikOto
Kamis, 23 Jun 2022 17:27 WIB
Toyota Fortuner terjungkal saat cuci mobil hidrolik
Ada beberapa hal yang perlu diwaspadai ketika terlalu sering cuci mobil hidrolik. (Foto: Screenshot Instagram kabarnegeri)
Jakarta -

Cuci mobil hidrolik menjadi satu alternatif bagi para pengendara untuk membersihkan kendaraan. Mobil juga dianggap lebih bersih karena pencucian dilakukan hingga ke kolong-kolong mobil. Tidak seperti cuci biasa, dengan hidrolik mobil bisa diangkat ke atas.

Ini tentu memudahkan untuk membersihkan bagian bawah mobil yang sulit dijangkau ketika mencuci sendiri. Tapi ada beberapa hal yang perlu kamu waspadai ketika cuci mobil hidrolik. Salah satunya adalah potensi kerusakan suspensi.

"Keseringan diangkat-angkat akan berpengaruh ke suspensi dan spooring nya," kata Instruktur Defensive Driving dan Riding GDDC Andry Berlianto saat dihubungi detikcom, Kamis (23/6/2022).

Bukan cuma itu, Andry juga menyebut potensi kelistrikan bisa rusak apabila metode penyemprotan sangat kencang. Alhasil, meski mobil bersih namun kelistrikannya justru bermasalah. Kalau tidak waspada, ujung-ujungnya kamu bakal mengeluarkan uang untuk membetulkannya.

"Jika nyemprotnya nggak tepat, air semprotannya bisa menyusup ke dalam sistem kelistrikan melalui celah-celah di bawah kendaraan," tambah Andry.

Belum lagi ada potensi mobil terjungkal seperti yang baru dialami Toyota Fortuner. Dalam video yang beredar di sosial media, terlihat sebuah Toyota Fortuner berkelir hitam jatuh saat tengah diangkat menggunakan hidrolik di tempat pencucian mobil.

Entah penyebabnya apa, namun diduga ada masalah di sistem hidroliknya. Mobil tergeletak begitu saja di bawah setelah terjatuh dari hidrolik. Beruntung tidak ada yang tertimpa SUV bongsor itu.

Untuk mencegah hal itu terulang, Andry mengingatkan agar para pengendara bisa lebih selektif memilih tempat cuci mobil hidrolik. Pastikan juga sistem hidrolik yang digunakan di tempat cuci mobil tersebut agar kejadian serupa tidak terulang di kemudian hari.

"Pilih tempat mesin cuci hidrolik dengan sistem hidrolik tipe thunder H (bentuk seperti huruf H), itu jenisnya ada penopang ke seluruh empat roda kendaraan dan jauh lebih aman (pada video tampak bukan tipe thunder H)," jelas Andry.

"Pastikan sebelum naik ada kenek/staf tempat cuci yang mengarahkan posisi kendaraan dan mengarahkan ke posisi terbaik untuk menghindari posisi miring," pungkas Andry.



Simak Video "Cuci Mobil Unik dengan Cokelat, Surabaya"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/din)