ADVERTISEMENT

Ekstrem! Model Bus Terbaru Setra Uji Jalan di Suhu -40 derajat Celcius

Luthfi Anshori - detikOto
Rabu, 22 Jun 2022 16:52 WIB
Setra ComfortClass dan TopClass 500
Setra ComfortClass dan TopClass 500 (Foto: Daimler)
Jakarta -

Anak usaha Daimler AG, Setra, memperkenalkan model bus touring terbaru mereka, ComfortClass dan TopClass 500. Sebelum resmi dilepas ke pasaran, kedua model ini melakukan uji coba ekstrem di kondisi suhu -40 derajat Celcius dan 40 derajat Celcius.

Brand bus ternama asal Jerman, Setra, melakukan pengujian jalan terhadap beberapa calon model terbarunya. Pengujian ini dilakukan sepanjang musim dingin di Finlandia, di jalan pegunungan yang curam di pegunungan Sierra Nevada, hingga menghadapi suhu panas nan lembab Gibraltar.

Ya, beberapa model high decker dan super high decker Setra melakukan perjalanan pulang pergi ke seluruh Eropa dan menjalani pengujian ketahanan di Turki, demi menghasilkan sebuah produk bus yang berkualitas dan memiliki durabilitas tinggi.

Tak hanya diuji dengan jarak tempuh yang panjang, bus-bus terbaru Setra ini juga dites di kondisi ekstrem hingga minus 40 dan plus 40 derajat Celcius.

Pengujian ini kadang dilakukan dengan kondisi bus kosong dan kadang juga dilakukan dengan simulasi penumpang, yang diganti dengan boneka berisi air maupun dan karung berisi pasir. Pengujian ini untuk mengetahui bantuan inovatif dan interaksinya, komponen baru, efek kelembapan ekstrem, serta topografi ekstrem.

Pihak penguji dari Daimler memang sengaja melakukan pengetesan pada kondisi cuaca dan medan yang cukup ekstrem. Alasannya, jika bus tersebut bisa melewati rangkaian tes tersebut, maka bus-bus itu juga akan bisa bekerja optimal dan maksimal ketika dijadikan bus pariwisata sehari-hari.

Generasi terbaru Setra ComfortClass dan TopClass 500 kabarnya akan diperkenalkan tahun 2022 ini. Namun jadwal resminya belum diketahui pasti.



Simak Video "Bus Listrik Mercedes-Benz Akan Masuk Indonesia? Ini Jawaban DCVI"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT