PO Safari Dharma Raya Punya Double Decker Baru, Kental Nuansa Bus Eropa

Luthfi Anshori - detikOto
Minggu, 01 Mei 2022 10:23 WIB
Bus double decker PO Safari Dharma Raya buatan karoseri Morodadi Prima
Foto: Instagram @safaridharmasakti. Bus double decker PO Safari Dharma Raya buatan karoseri Morodadi Prima.
Jakarta -

PO Safari Dharma Sakti kembali merilis bus double decker terbarunya. Masih mengandalkan buatan karoseri Morodadi Prima, bus tingkat PO Safari Dharma Raya ini mengusung tampilan yang elegan dan berkelas khas bus-bus Eropa. Seperti apa penampakannya?

Seperti dilihat detikOto dalam akun Instagram @safaridharmasakti, bus double decker anyar Safari Dharma Raya ini dirilis jelang momen arus mudik 2022. Bus ini pun langsung dijadikan angkutan lebaran 2022 dengan trayek Jakarta-Jatipuro.

Dari segi eksterior, garis desain bus ini masih sama dengan model double decker Safari Dharma Raya sebelumnya, dengan bentuk yang mengotak seperti 'roti tawar'. Bedanya, karoseri Morodadi Prima melakukan sedikit sentuhan baru pada bagian fascia-nya.

Setra S 531 DTSetra S 531 DT Foto: Dok. Setra

Jika melihat tampilan mukanya dan juga desain bodi secara umum, bus ini mirip dengan salah satu model Setra buatan Daimler. Bus tingkat ini mirip seri Setra S 531 DT. Ciri khasnya, lampu depan berbentuk besar dan di atasnya terdapat list chrome yang menyatu dengan lampu sein.

Sementara untuk desain bodi samping secara keseluruhan masih sama seperti bus double decker pertama Morodadi Prima. Pun untuk desain grafis, juga livery PO Safari Dharma Raya juga masih identik dengan sebelumnya, warnanya cenderung minimalis dan minim terpasang stiker besar. Oiya, bus ini memiliki julukan 'Khaleesi' yang terpampang di kaca depannya.

Bicara sasisnya, bus double decker PO Safari Dharma Raya ini menggunakan sasis premium Mercedes-Benz OC 500 RF 2542. Bus ini mengusung konsep triple axle dengan kapasitas angkut 25 ton dan bisa menghasilkan tenaga maksimum 420 dk.

Selain Safari Dharma Raya, sasis ini juga digunakan untuk beberapa armada double decker PO-PO lainnya di Indonesia, seperti Lorena, Sinar Jaya, serta Garuda Mas.

(lua/riar)