Elon Musk Bakal Terbang ke Indonesia, Ini Deretan Jet Pribadi Miliknya

Ridwan Arifin - detikOto
Selasa, 17 Mei 2022 14:54 WIB
Jokowi kunjungi lokasi fasilitas produksi roket SpaceX bersama Elon Musk pada Sabtu (14/5/2022) lalu. Yuk, tengok lagi gaya Jokowi dan Elon Musk saat bertemu.
Presiden Joko Widodo dan Elon Musk (Foto: Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Elon Musk dikabarkan menerima undangan Presiden Joko Widodo untuk datang ke Indonesia. Miliarder itu kerap terbang antar negara menggunakan pesawat jet pribadi.

Mengutip Businessinsider, Selasa (17/5/2022) Elon Musk dilaporkan tidak hanya memiliki satu unit pesawat jet. Falcon 900, armada terbang pertama yang dibeli oleh Elon Musk. Ini merupakan jet bisnis yang pertama kali diproduksi oleh perusahaan penerbangan Prancis Dassault pada 1980-an.

Musk membeli jet pertamanya tersebut sebelum menjadi miliarder pada tahun 2012. Kemungkinan Musk membeli unit bekas untuk jet pertamanya sebab jet tersebut sudah diregistrasi perusahaan lain. Baru kemudian, Falcon 900, versi jet dengan mesin Honeywell TFE731-5BR-1C itu dikirim ke Musk pada 2004.

Jet milik Bos Tesla itu terakhir digunakan secara aktif pada tahun 2016, menurut database PlaneLogger.

Elon Musk diketahui sudah tak memiliki rumah. Dia mengaku benar-benar tinggal di sebuah rumah kontrakan setelah menjual seluruh rumahnya. Rumah itu dekat dengan fasilitas perusahaan yang ia miliki, SpaceX, tepatnya di Boca Chica, Texas. Apa yang membuat Elon Musk lebih membeli jet daripada rumah, bahkan super yacht atau kapal pesiar?

"Satu-satunya pengecualian adalah pesawat, jika saya tidak menggunakan pesawat maka saya memiliki lebih sedikit waktu untuk bekerja," kata dia dalam sebuah wawancara dengan Chris Anderson di Konferensi TED (Technology, Entertainment, Design) pada April lalu.

Pesawat yang dimaksud oleh Elon Musk, Gulfstream G650ER-nya, dia sudah terbang lebih dari 150.000 mil pada tahun 2018 saja, menurut catatan penerbangan yang diperoleh The Washington Post.

Menurut catatan penerbangan yang diperoleh Washington Post, Musk menghabiskan US$ 700.000 untuk jet pribadinya pada tahun 2018 saja. Dia dilaporkan terbang di sekitar AS, Eropa, dan Asia.

Gulfstream 650ERGulfstream 650ER Foto: Gulfstream

Saat ini hanya empat jet yang telah didaftarkan ke Musk selain Falcon 900B, yakni sebuah Gulfstream G650ER (N628TS) dan dua Gulfstream G550 (N272BG dan N502SX).

Elon Musk akan ke Indonesia

Berdasarkan keterangan tertulis dari Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden, Minggu (15/5/2022), Elon Musk tertarik untuk melihat potensi Indonesia. Hal ini dikerahui usai Elon Musk bertemu Jokowi di Gedung Stargate Space X Jokowi dan Elon Musk sempat melakukan diskusi sebelum berkeliling melihat fasilitas produksi roket Space X.

Dia juga diundang Presiden Jokowi untuk datang ke Indonesia, Elon Musk mengatakan berencana datang pada bulan November tahun ini.

"Mudah-mudahan di Bulan November, terima kasih atas undangannya," ujar Elon.



Simak Video "Elon Musk PHK Ratusan Karyawan Autopilot Tesla"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)