One Way di Jalan Tol Berlaku Hari Ini, Catat Lokasi dan Jadwalnya

Tim Detikcom - detikOto
Kamis, 28 Apr 2022 03:05 WIB
Rekayasa Lalu Lintas Mudik 2022, Cek Dulu Sebelum Pulang Kampung
One way akan diberlakukan di tol Jakarta-Cikampek hingga Gerbang Tol Kali Kangkung pada hari ini, Kamis (28/4) (Foto: Wildan/detikcom
Jakarta -

Korlantas Polri bakal memberlakukan one way atau satu arah di jalan tol mulai hari ini, Kamis (28/4) sore WIB. One way ini diberlakukan untuk mengantisipasi kepadatan arus mudik Lebaran 2022. Di mana dan kapan one way bakal diberlakukan?

Pemberlakuan one way atau satu arah pada arus mudik hari ini, Kamis (28/4), bakal diterapkan di jalan tol Jakarta-Cikampek. Adapun pemberlakuannya dimulai dari Km 47 Tol Jakarta-Cikampek hingga KM 414 Gerbang Tol Kali Kangkung.

Jadwal one way tersebut berdurasi tujuh jam, dimulai pukul 17.00 WIB hingga pukul 24.00 WIB.

Pemberlakuan one way ini akan membuat jalur B yang biasanya digunakan untuk kendaraan yang mengarah ke Jakarta bakal dimanfaatkan untuk mengarah ke timur, ke Jawa Tengah.

Pengendara yang ingin mengakses jalur one way bisa menggunakan lajur kanan sebelum kilometer 47.

"Jadi bagi masyarakat yang akan memanfaatkan (one way) hari Kamis tanggal 28 (April), saya harapkan yang menuju arah timur, nanti menjelang kilometer 47 sudah mengambil lajur sebelah kanan. Silakan memanfaatkan jalur B tol yang (biasanya) digunakan ke arah Jakarta untuk menuju arah timur," ujar Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi, beberapa waktu lalu.

Pengendara yang ingin mampir beristirahat di rest area juga tak perlu khawatir. Soalnya rest area di jalur B bisa dimanfaatkan pemudik yang mengakses one way.

"Kami sudah koordinasi dengan bapak (Badan) Pengelola Jalan Tol (BPJT), bahwa rest area di jalur B nanti digunakan arah sebaliknya untuk mereka yang akan mudik, termasuk penyediaan bahan bakarnya di masing-masing rest area," ucap Firman.

"Jadi jangan sampai sebelum menggunakan kilometer 47 ini, peting supaya tidak ada crossing di masing-masing lajur yang akan menghambat pergerakan kendaraan ke arah timur. Jadi untuk menghindari kebutuhan-kebutuhan yang tidak terpenuhi, kami menyarankan pada saat nanti rekan-rekan seluruh masyarakat yang akan mudik siapkan kartu tol dengan dana yg cukup," tegas Firman.

Jadwal dan Lokasi One Way di Jalan Tol Hari Ini, Kamis (28/4)

  • Pukul 17.00-00.00 WIB dari Km 47 Tol Jakarta-Cikampek sampai Km 414 gerbang Tol Kali Kangkung.


Simak Video "Arteri Purwakarta Dipadati Kendaraan Akibat One Way"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)