Adiputro dan Tentrem Sudah Punya, Kapan Laksana Bikin Bus UHD?

Luthfi Anshori - detikOto
Minggu, 24 Apr 2022 08:32 WIB
PO Harapan Jaya resmi mengoperasikan bus Avante D1 buatan karoseri Tentrem
Bus UHD PO Harapan Jaya garapan karoseri Tentrem. Foto: Dok. Tentrem
Jakarta -

Selain double decker dan sleeper class, bus lain yang kini sedang naik daun di industri transportasi AKAP (Antar Kota Antar Provinsi) adalah bus jenis UHD (Ultra High Decker). Karoseri Adiputro jadi yang pertama membuat bus UHD, disusul karoseri Tentrem. Lalu giliran karoseri Laksana kapan ya?

Technical Director Laksana, Stefan Arman mengatakan, Laksana akan membuat bus jenis UHD jika memang ada permintaan dari pasar. Menurut Arman, Laksana selalu mendengarkan masukan dari para operator bus di Indonesia.

"Untuk UHD, nanti kalau ada permintaan dari orang yang di sebelah saya (Direktur Utama PO SAN, Kurnia Lesani Adnan), ya ini akan kita pertimbangkan," ungkap Arman seraya bercanda.

PO Harapan Jaya resmi mengoperasikan bus Avante D1 buatan karoseri TentremBus UHD Tentrem Foto: Dok. Tentrem

Lanjut Arman menambahkan, Laksana selalu menjalin kolaborasi dengan para operator bus di Indonesia. "Kita sadar bahwa pada akhirnya itu yang penting adalah penumpang. Kata-kata penumpang itu yang paling dekat itu pasti pada operator, baik Pak Sani (PO SAN) maupun juga Pak Teddy (Sinar Jaya) lebih tahu lah apa yang sebenarnya para penumpang (bus) harapkan," sambung Arman.

Sebagai informasi, bus UHD diciptakan karena ada kebutuhan dari operator bus untuk membawa penumpang dan barang sekaligus dalam jumlah banyak.

Secara dimensi, bus UHD lebih tinggi dari bus SHD (Super High Decker), namun lebih rendah dari bus double decker. Sebagai gambaran, bus UHD punya tinggi 4 meter, lalu bus SHD 3,9 meter, dan bus double decker 4,15 meter. Adapun panjang bus UHD mencapai 13.500 mm dengan lebar 2.500 mm.

Bus Double Decker dan UHD PO Sempati Star buatan AdiputroBus UHD Adiputro Foto: Dok. Adiputro

Bus UHD memiliki ruang kabin yang terpisah antara pengemudi dan kru, serta penumpang. Untuk kabin penumpang ada di dek atas semua. Sementara itu sopir dan kru ruangnya ada di dek bawah. Selain itu di bagian bawah bus UHD juga memiliki bagasi dengan kapasitas yang sangat besar.

Saat ini baru dua karoseri yang memproduksi bus UHD, yakni Adiputro dengan bodi Jetbus 3+ UHD dan Tentrem dengan bodi Avante D1. Adapun operator yang sudah menggunakan bus UHD antara lain PO Sudiro Tungga Jaya, Pandawa 87, Harapan Jaya, Sempati Star, dan Rosalia Indah.

(lua/rgr)