Wajib Dicoba, Ini Pilihan Bus Double Decker Buat Mudik Lebaran 2022

Luthfi Anshori - detikOto
Rabu, 20 Apr 2022 10:35 WIB
Armada bus double decker PO Rosalia Indah
Pilihan bus double decker buat mudik lebaran 2022. (Foto: Luthfi Anshori/detikOto)
Jakarta -

Bus menjadi salah satu moda transportasi utama pilihan masyarakat Indonesia di momen mudik lebaran. Terlebih saat ini jenis dan layanan bus AKAP atau Antar Kota Antar Provinsi makin banyak, dari yang ekonomi sampai premium. Nah, untuk bus premium, yang wajib kamu coba adalah bus double decker.

Bus double decker alias bus tingkat makin banyak dijadikan armada PO (Perusahaan Otobus) setelah infrastruktur tol Trans Jawa jadi. Di Sumatera, pelopor penggunaan bus tingkat adalah PO Sempati Star, sementara di Jawa, bus tingkat modern dipopulerkan oleh PO Putera Mulya.

Saat ini mulai banyak PO yang memiliki armada double decker, seperti Sinar Jaya, Harapan Jaya, Rosalia Indah, Lorena, Agra Mas, Laju Prima, Garuda Mas, dan masih banyak lagi yang lainnya. PO-PO ini melayani trayek dari Jakarta ke berbagai daerah di Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Dibandingkan bus single deck, bus double decker memiliki daya tarik tersendiri dengan bodinya yang lebih bongsor dan terlihat lebih gagah. Selain itu, para penumpang di dek atas juga bisa merasakan sensasi berkendara yang berbeda dibanding ketika berkendara dengan bus-bus single deck.

Berikut adalah pilihan bus double decker yang bisa kamu gunakan untuk mudik lebaran 2022:

Bus Tingkat MercyBus double decker Lorena Foto: Khairul Imam Ghozali

1. Lorena

Bus double decker PO Lorena melayani trayek Jakarta-Malang dengan harga tiket per 23 April 2022 (via aplikasi Redbus) di kisaran Rp 640.000. Bus Lorena ini menggunakan sasis Mercedes-Benz OC 500 RF 2542 yang dikombinasi bodi Jetbus 3+ SDD buatan Adiputro.

Bus tingkat bodi Avante D2 buatan karoseri TentremBus double decker Harapan Jaya Foto: Instagram @karoseritentrem

2. Harapan Jaya

PO Harapan Jaya terkenal dengan armada double decker-nya yang banyak. Tak hanya itu, PO ini juga memiliki bodi double decker dari berbagai karoseri, mulai buatan Laksana, Adiputro, hingga yang terbaru buatan Tentrem.

Bus double decker Harapan Jaya ini melayani trayek Jakarta-Blitar. Mengutip aplikasi Redbus, harga tiket bus double decker Harapan Jaya per tanggal 23 April 2022, ada di kisaran Rp 480.000.

Bus Trans Jawa saat akan berangkat menuju Semarang di Terminal Pulo Gebang, Jakarta, Kamis (14/2/2019). Bus Trans Jawa menggunakan Bus Scania Double Dekker. Terdapat 2 tipe yaitu kelas Eksekutif dan Elegan Class.Bus double decker PO Putera Mulya Foto: Agung Pambudhy

3. Putera Mulya

PO Putera Mulya merupakan pelopor bus double decker AKAP di Jawa. PO ini menggunakan bodi buatan Adiputro yang dikombinasikan dengan sasis Scania K 410 iB. Salah satu ciri khas bus double decker Putera Mulya adalah tidak memiliki selendang di bagian samping kanan-kirinya.

Bus double decker PO Putera Mulya melayani trayek Jakarta-Solo, dengan harga tiket Rp 470.000 per 23 April 2022 (via aplikasi Redbus). Penumpang bus ini bisa turun di Kota Solo atau Terminal Tirtonadi.

Armada bus double decker PO Rosalia IndahBus double decker Rosalia Indah Foto: Luthfi Anshori/detikOto

4. Rosalia Indah

Bicara mengenai bus AKAP double decker tentu tak bisa lepas dari nama PO Rosalia Indah. PO yang berjuluk Sultan Palur ini memiliki banyak sekali bus double decker yang melayani rute Jakarta-Solo Raya. Untuk melakukan reservasi, kamu bisa langsung mengunjungi rosalia-indah.co.id.

Bus Double Decker PO Garuda masBus double decker Garuda mas Foto: Ahmad Masaul Khoiri/detikcom

5. Garuda Mas

Garuda Mas jadi satu-satunya PO yang memiliki armada double decker di rutenya. Bus tingkat PO Garuda Mas menggunakan bodi buatan Adiputro, dengan paduan sasis mewah Mercedes-Benz OC 500 RF 2542. Bus double decker PO Garuda Mas melayani trayek Jakarta-Purwodadi (Grobogan).

(lua/din)