Resmi Diluncurkan, Inilah PO Pertama Pemilik Bus Suites Combi Garapan Laksana

ADVERTISEMENT

Resmi Diluncurkan, Inilah PO Pertama Pemilik Bus Suites Combi Garapan Laksana

Luthfi Anshori - detikOto
Rabu, 20 Apr 2022 13:34 WIB
Jakarta -

Karoseri Laksana kembali menghadirkan inovasi baru dengan meluncurkan Laksana Legacy SR2 Suites Combi Family Series. Bus ini menggabungkan tempat duduk penumpang konvensional dengan tempat duduk ala sleeper bus dengan konfigurasi 2+1. Siapakah PO pertama di Indonesia yang memiliki bus ini?

Jika dilihat dari livery-nya, tentu sudah jelas jika suites combi bus ini dioperasikan pertama kali oleh PO Sinar Jaya. Perusahaan Otobus yang bermarkas di Cibitung, Bekasi itu, memang diketahui menjadi salah satu pelanggan setia Laksana.

Dari segi eksterior, bus ini tampil minimalis dengan kelir putih polos dan konsep kaca depan tunggal (single glass). Di kedua sisi bodi terdapat tulisan Sinar Jaya dan di bodi samping belakangnya disematkan logo Mercedes-Benz berukuran besar. Di bodi belakang terdapat garis warna-warna yang merupakan ciri khas dari PO Sinar Jaya.

Laksana Legacy SR2 Suites Combi Family SeriesLaksana Legacy SR2 Suites Combi Family Series Foto: Screenshot Youtube Laksanabus

Dijelaskan Direktur Utama PT Sinar Jaya Megah Langgeng, Teddy Rusli, lahirnya Legacy SR2 Suites Combi Family Series merupakan hasil kerja sama PO Sinar Jaya dengan pihak Laksana. Suites combi bus ini memiliki ciri khas konfigurasi kursi sleeper 2+1, yang memudahkan dua orang yang masih satu keluarga bisa duduk satu kabin.

"Ide ini kebetulan kita lihat dari Vietnam sebenarnya. Kita kontak pak Stefan (Laksana) coba buat ini, akhirnya jadilah (suites combi). Kebetulan setelah itu Covid ada, sehingga penumpang merasa diuntungkan dengan single cabin ya. Di sini ada single dan two cabin ya. Nah two cabin ini dasarnya untuk family (keluarga), karena kita lihat kebutuhan masyarakat, mereka ada yang menanyakan 'pak saya bawa anak nih, masa harus dipisah'. Jadi family yang kita utamakan dalam hal ini," kata Teddy di Kantor Pusat Laksana, Ungaran, Semarang, Jawa Tengah (19/4/2022).

Laksana Legacy SR2 Suites Combi Family SeriesLaksana Legacy SR2 Suites Combi Family Series Foto: Screenshot Youtube Laksanabus

"Salah satu tujuan kami adalah untuk menciptakan sebuah kendaraan yang dapat memberikan pengalaman tak terlupakan bagi para konsumen dengan inovasi yang modern, futuristik, dan nyaman," ujar Technical Director Laksana, Stefan Arman.

Sekadar informasi, bodi Laksana Legacy SR2 Suites Combi Family Series dibuat dari pengembangan lanjutan dari bus sleeper yang mengedepankan konsep kenyamanan dengan kapasitas 29 tempat duduk penumpang.

Layaknya seluruh produk Laksana, bus Legacy SR2 Suites Combi Family Series juga disebut telah lulus uji R66 untuk kekuatan rangka, R80 untuk pengujian kekuatan kursi, dan R107 untuk uji kestabilan.

(lua/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT