Deretan Bus Mewah untuk Transportasi Mudik: Serasa Naik Alphard

Deretan Bus Mewah untuk Transportasi Mudik: Serasa Naik Alphard

Luthfi Anshori - detikOto
Selasa, 19 Apr 2022 03:12 WIB
Pengalaman naik kelas Super Top PO Rosalia Indah
Super Top, kelas termewah PO Rosalia Indah. (Foto: Luthfi Anshori/detikOto)
Jakarta -

Transportasi bus semakin berkembang seiring infrastruktur jalan tol yang membaik. Kalau dulu kita hanya mengenal bus kelas ekonomi, bisnis, serta kelas eksekutif, kini layanan transportasi bus makin beragam kelasnya, bahkan ada yang cukup mewah dengan sensasi ala naik mobil premium Toyota Alphard.

Pemerintah mengizinkan masyarakat yang ingin mudik lebaran tahun 2022, dengan sejumlah aturan protokol kesehatan dan syarat perjalanan yang sudah ditentukan. Jika kamu ingin mudik naik bus, maka tidak ada salahnya untuk memesan tiket sejak jauh-jauh hari supaya tidak kehabisan.

Para penumpang bus saat ini dimanjakan dengan banyaknya pilihan bus AKAP (Antar Kota Antar Provinsi) yang punya pilihan sasis dan bodi beragam, juga kelas penumpang yang cukup banyak, dari kelas ekonomi, hingga yang termewah.

Di industri transportasi bus, ada beberapa PO (Perusahaan Otobus) yang memiliki layanan kelas mewah. PO Rosalia Indah misalnya, memiliki kelas Super Top, lalu PO Gunung Harta yang memiliki bus double decker dengan kursi captain seat 3 baris, dan ada juga PO Raya yang menggunakan kursi pesawat.

Berikut adalah beberapa pilihan bus mewah untuk transportasi mudik 2022:

Pengalaman naik kelas Super Top PO Rosalia IndahKelas Super Top PO Rosalia Indah Foto: Luthfi Anshori/detikOto

1. PO Rosalia Indah

PO Rosalia Indah memiliki kelas mewah, Super Top. Berbeda dengan kelas lainnya, kelas Super Top memiliki konfigurasi kursi 2+1, jadi di samping kanan ada dua baris kursi dan di samping kiri ada satu baris kursi. Bus ini melayani trayek Jakarta - Solo (PP).

Kursi di kelas Super Top PO Rosalia Indah sangat nyaman karena joknya besar, empuk, dan sudah dilengkapi bantal dan selimut. Asyiknya lagi, di kelas ini juga sudah dilengkapi sandaran tangan dan sandaran kaki. Jadi seperti naik Alphard, deh.

Bus double decker PO Gunung HartaBus double decker PO Gunung Harta Foto: Dok. Adiputro

2. PO Gunung Harta

Beralih ke bus Jawa Timur-an, ada nama PO Gunung Harta yang menawarkan kelas penumpang mewah. Bus double decker PO Gunung Harta dirilis bulan April 2021 silam. Bus double decker ini memiliki ciri khas tersendiri karena mengusung konfigurasi jok 1+1+1 alias kursi social distancing.

Karena joknya dibikin independen, maka setiap penumpang pun mendapatkan sandaran lengan dan juga sandaran kaki. Joknya pun berukuran besar dan sudah memiliki penyangga kepala penumpang. Bus ini jadi salah satu rekomendasi untuk jalur Jakarta - Malang.

3. PO Raya

PO Raya merupakan salah satu PO yang terkenal dengan kemewahannya. Betapa tidak, PO yang bermain di trayek Jakarta - Solo Raya ini menawarkan jok pesawat di busnya. Tak ayal bus ini mendapat julukan 'bus rasa pesawat'.

Tak hanya kursinya yang berasa mewah, PO Raya juga memiliki kelas armada Super Top dengan konfigurasi kursi 2+1. Jok ini tentunya sudah dilengkapi dengan sandaran lengan, sandaran kaki, bantal, serta selimut.

[Lanjut Halaman Berikutnya >> PO Bus Harapan Jaya dan PO Damri]

Saksikan juga LIVE! e-Live: Lebaran Zero Waste, Kenapa Nggak?