Biang Kerok Macet, Bus-Truk Dilarang Melintas Jalur Alternatif Puncak saat Weekend

ADVERTISEMENT

Biang Kerok Macet, Bus-Truk Dilarang Melintas Jalur Alternatif Puncak saat Weekend

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Sabtu, 09 Apr 2022 12:06 WIB
Kepadatan kendaraan di jalur wisata Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (28/2/2022). Tingginya volume kendaraan wisatawan saat libur Isra Miraj Nabi Muhammad SAW menyebabkan terjadinya kepadatan di jalur wisata Puncak Bogor sehingga Polres Bogor memberlakukan sistem satu arah serta pengalihan arus lalu lintas untuk mengurai kepadatan kendaraan. ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/tom.
Ilustrasi macet di puncak (ANTARA FOTO/YULIUS SATRIA WIJAYA)
Jakarta -

Beberapa pekan terakhir kemacetan di jalur Puncak, Bogor, makin sulit dihindari, apalagi jika sudah memasuki weekend. Guna meminimalisir kemacetan tersebut, kini polisi berencana akan membatasi kendaraan besar melewati kawasan Puncak.

Dilansir Antara, Kepolisian Resor (Polres) Bogor telah menyiapkan konsep pembatasan kendaraan besar, termasuk bus dan truk yang akan melintas di jalur alternatif kawasan puncak.

"Perlu adanya aturan pembatasan kendaraan bus atau truk ke jalur alternatif Puncak, dengan memasang rambu di simpang jalur alternatif," ujar Kasatlantas Polres Bogor AKP Dicky Anggi Pranata.

Menurut Dicky, kemacetan yang terjadi di jalur alternatif kawasan Puncak salah satunya disebabkan oleh kendaraan besar. Bus dan truk yang melintas hampir memakan satu ruas jalan, sebab ukurannya lebar dan panjang.

Kepadatan kendaraan di jalur wisata Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (28/2/2022). Tingginya volume kendaraan wisatawan saat libur Isra Miraj Nabi Muhammad SAW menyebabkan terjadinya kepadatan di jalur wisata Puncak Bogor sehingga Polres Bogor memberlakukan sistem satu arah serta pengalihan arus lalu lintas untuk mengurai kepadatan kendaraan. ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/tom.Kepadatan kendaraan di jalur wisata Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (28/2/2022). Tingginya volume kendaraan wisatawan saat libur Isra Miraj Nabi Muhammad SAW menyebabkan terjadinya kepadatan di jalur wisata Puncak Bogor sehingga Polres Bogor memberlakukan sistem satu arah serta pengalihan arus lalu lintas untuk mengurai kepadatan kendaraan. (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/tom)

Selain itu, ia mengusulkan untuk membuat lokasi parkir khusus kendaraan besar yang akan masuk ke kawasan wisata di jalur alternatif Puncak. Lalu pihak tempat wisata juga diusulkan menyediakan angkutan khusus dari lokasi parkir kendaraan besar ke berbagai tempat wisata.

"Untuk pembangunan lokasi parkir rencananya ada tujuh lokasi, yakni Rest Area Cilember, Taman Wisata Matahari, Rest Area Lembah Nyiur, lalu di Rest Area Anggraeni, Rest Area Sinbad, kemudian di Hotel Evergreen dan Gunung Mas," jelasnya.

Sementara itu, Bupati Bogor Ade Yasin mendukung penuh konsep yang telah direncanakan oleh Satlantas Polres Bogor. Hal ini dinilai dapat mengatasi masalah kemacetan yang kerap terjadi di jalur Puncak, terutama saat libur akhir pekan.

Dirinya juga meminta kepada perangkat daerah Pemkab Bogor yang berkaitan untuk saling berkolaborasi membahas secara teknis hal tersebut.

"Perlu dipersiapkan dengan matang terutama sosialisasi ke masyarakat. Gandeng juga PHRI (Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia) karena kawasan Puncak ini adalah kawasan wisata," tutur Ade.



Simak Video "Pohon Besar Tumbang Tutup Jalan, Jalur Puncak-Cianjur Macet Parah!"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT