Duh! Pelat Nomor 'RF' Langgar Gage hingga Pakai Rotator, Padahal Tak Ada Privilege!

Tim detikcom - detikOto
Senin, 24 Jan 2022 13:24 WIB
Mobil pelat RF berstrobo ditilang polisi
Ilustrasi mobil pelat 'RF' pakai rotator Foto: Instagram TMC Polda Metro Jaya
Jakarta -

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menindak ratusan mobil berpelat 'RF'. Pelanggarannya mulai terobos ganjil-genap hingga memakai rotator, padahal pelat nopol rahasia itu tidak memiliki privilege atau hak istimewa.

Hal ini diungkap oleh Pemerhati Masalah Transportasi, dan Hukum, Budiyanto, langkah yang dilakukan petugas merupakan upaya penegakan hukum sesuai Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

"Langkah petugas merupakan upaya untuk menegakkan aturan sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan aturan pelaksanaan. Pada prinsipnya semua sama kedudukannya dalam hukum, setiap kendaraan bermotor dalam berlalu lintas harus taat kepada aturan," kata Budiyanto dalam keterangannya, dikutip Senin (24/1/2022).

Mantan Kasubdit Penegakan Hukum (Gakkum) Ditlantas Polda Metro Jaya ini menyebut pelat nomor khusus atau rahasia tidak mendapatkan keistimewaan tanpa pengawalan petugas. Sementara kendaraan yang mendapatkan prioritas dan kelancaran adalah pengguna jalan yang memperoleh hak utama sebagai mana diatur dalam Pasal 134 dan Pasal 135 UU No. 22 tahun 2009 tentang LLAJ.

"Kendaraan dengan nomor polisi khusus atau rahasia dalam Pergub yang mengatur tentang ganjil-genap bahwa kendaraan dengan nopol khusus dan/atau rahasia memang tidak termasuk dalam kendaraan yang mendapatkan pengecualian atau dispensasi di jalan," tambah Budiyanto.

"Jadi kalau ada kendaraan dengan nopol khusus atau rahasia melewati atau berada di jalan tidak sesuai ketentuan dari aspek hukum memang bisa ditindak atau ditilang. Termasuk pelanggaran- pelanggaran lalu lintas lainnya."

"Untuk pembelajaran dan edukasi kita semua bahwa kendaraan yang ada di jalan yang memiliki kedudukan status yang sama di muka hukum tidak ada istilah privilege atau skala prioritas terkecuali pengguna jalan yang memperoleh hak utama sebagaimana sudah diatur UU LLAJ serta aturan pelaksanaannya," pungkasnya.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengungkapkan setidaknya ada 124 mobil bernopol khusus dan rahasia yang ditindak selama Senin (17/1) hingga Rabu (19/1).

"Sejak Senin (17/1) kemarin, dalam tiga hari, sudah ada 124 kendaraan berpelat STNK khusus dan STNK rahasia yang kami tindak dengan tilang," ujar Sambodo.

"Dalam rangka tertibkan kendaraan tersebut. Paling banyak adalah ganjil genap, pelanggaran bahu jalan, pelanggaran penggunaan rotator dan sirene," sambungnya.



Simak Video "Kecelakaan Gegara Jalan Tol Rusak, Pengendara Bisa Tuntut Ganti Rugi"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)