ADVERTISEMENT

Ini Wujud Bus Pertama di Dunia, Cuma Muat 8 Orang

Luthfi Anshori - detikOto
Selasa, 28 Des 2021 21:32 WIB
Bus pertama di dunia
Salah satu bus pertama di dunia yang dibuat Daimler. Foto: Dok. Mercedes-Benz
Jakarta -

Bus menjadi salah satu moda transportasi utama pilihan masyarakat dunia saat ini. Sebagai transportasi massal, usia bus juga sudah cukup tua. Bahkan bus pertama di dunia sudah ada sejak dua abad lalu, tepatnya sejak tahun 1895.

Mercedes-Benz menjadi penemu kendaraan bermesin pembakaran dalam pertama di dunia. Maka tak heran jika mobil atau motor pertama di dunia pun dibuat oleh merek otomotif asal Jerman itu. Tak hanya kendaraan pribadi, Mercedes-Benz juga mengembangkan kendaraan besar seperti bus.

Dikutip dari situs resminya, Mercedes-Benz telah berpengalaman selama 125 tahun dalam pengembangan bus dan teknologi bus. Bus Mercedes-Benz kali pertama diuji coba pada tahun 1895, dengan bentuk yang lebih mirip seperti mobil roda empat.

Bus pertama di duniaBus pertama di dunia buatan Mercedes-Benz Foto: Dok. Mercedes-Benz

Pada 1895, bus pertama di dunia bermesin pembakaran dalam, menghubungkan kota Siegen dengan desa Netphen dan Deuz, yang jaraknya sekitar 15 kilometer. Pada 18 Maret 1895 tepatnya pukul 06.26 pagi, bus yang dibangun oleh Carl Benz menempuh rute ini untuk pertama kalinya.

Bus itu menggunakan mesin bensin satu silinder bertenaga 5 dk, bus menyelesaikan perjalanan dalam satu jam 20 menit. Bus ini bisa menampung orang sebanyak 8 penumpang dan ketika melewati jalanan ekstrem, mereka semua harus turun dan mendorong bus.

Kemudian rute baru dibuat dan pada 1898 kendaraan buatan Gottlieb Daimler juga dikerahkan. Pada akhir tahun 1899, sebuah perusahaan di Speyer, tidak jauh dari kota asal Benz, Mannheim, menawarkan layanan bus sepanjang empat rute. Dalam layanan pertama yang terus beroperasi di Jerman, lima bus Daimler digunakan. Pada tahun-tahun berikutnya sejumlah besar rute bus muncul di Jerman dan Eropa hingga saat Perang Dunia Pertama.

Bus pertama di duniaSalah satu bus generasi pertama di dunia buatan Daimler digunakan untuk pelayanan Kantor Pos Foto: Dok. Mercedes-Benz

Di sisi lain, Kantor Pos memainkan peranan penting dalam penjualan di Jerman dari tahun 1905. Pada tahun 1905, Kantor Pos di sana membuka rute lintas pertamanya menggunakan kendaraan bermotor. Kantor Pos di Bavaria menggunakan Daimler, bus dengan mesin 28 dk. Kantor Pos Bavaria mengoperasikan 53 rute permanen dengan 19 rute lainnya hanya beroperasi di musim panas. 164 bus digunakan dan sebagian besar dibuat oleh Daimler.

Pada 1905, Mercedes-Benz mengakuisisi Süddeutsche Automobilfabrik (SAF) atau Gaggenau Benzwerke. Merek ini juga fokus pada pembuatan bus. Produk bus buatannya beroperasi di delapan rute di Berlin dan Wina.

Penggabungan dan teknologi baru di tahun 1920-an dan 1930-an

Pada 1925 evolusi teknologi bus dan truk mulai memiliki pengembangan sendiri-sendiri. Sebelumnya, badan bus selalu dipasang pada sasis truk yang ada dengan kerangka kontinu. Itu artinya penumpang harus naik tangga yang tinggi untuk masuk.

Bus lantai rendah yang diproduksi di Gaggenau oleh Benz dari 1925 memperkenalkan era baru dengan akses yang jauh lebih nyaman bagi penumpang. Bus itu memiliki tinggi lantai hanya 670 mm di atas permukaan jalan.

Pada 1926, Daimler Motoren Gesellschaft (DMG) dan Benz & Cie bergabung menjadi Daimler Benz AG. Hingga kini merek Daimler Benz AG fokus pada truk dan bus, termasuk juga mulai mengembangkan kendaraan listrik komersial.

(lua/lth)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT