Ini Niat Baik Kapolda Metro Jaya Atur Balap Liar

team DetikOto - detikOto
Senin, 20 Des 2021 15:51 WIB
Aksi balap liar dengan memblokade jalan umum terjadi di Tangerang
Ilustrasi balap liar Foto: Dok. Istimewa
Jakarta -

Polda Metro Jaya bersama dengan Ikatan Motor Indonesia dan PT Taman Impian Jaya Ancol Tbk, telah menentukan lokasi road race bagi pembalap jalanan untuk adu kencang di Ancol Jakarta Utara.

Artinya tidak ada lagi pembalap jalanan yang nekat melakukan balap liar. Soalnya para pembalap jalanan mulai Januari 2022 dipersilahkan melakukan adu cepat secara resmi, tidak lagi di jalanan umum.

Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Fadil Imran menuturkan niat baiknya menggelar Road Race bagi pembalap jalanan, salah satunya untuk menyelamatkan generasi muda tidak tewas mengenaskan di jalanan akibat balap liar.

"Mudah-mudahan niat baik kita ini, menyelamatkan anak-anak kita. Kemudian, bagi mereka yang memiliki potensi untuk menjadi pembalap. Seperti main bola, main bola itu kalo bisa tiap hari bermain, dengan adanya sirkuit road race dan drag race di Ancol ini pembalap jalanan bisa bermain setiap saat," kata Fadil.

Sehingga, lanjut Fadil. Tidak ada lagi balapan di jalanan, tanpa menggunakan sendal jepit dan tidak ada aturannya.

"Saya berharap mereka datang ke Ancol setiap hari, kita buat eventnya. Kita buat dua bulan atau sebulan setiap kali, dan setiap hari polisi ada di sana nanti," ujar Fadil.

"Dari Ancol juga akan menyiapkam sirkuitnya, IMI akan menyiapkan pelatih demikian dengan aspek safety nya, tidak lagi balapan dengan sandal jepit tapi sudah menggunakan sepatu, helm dan jaket balap yang lengkap agar keselamatannya menjadi yang utama nanti akan di pinjamkan IMI secara gratis. Saya kira ekosistem yang kita bangun ini akan berkembang secara berlanjut," tutup Fadil.



Simak Video "Heboh Balap Liar Tutup Jalan Sudirman!"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/rgr)