ADVERTISEMENT

Deretan Mobil dan Motor Baru yang Meluncur di GIIAS 2021

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Sabtu, 13 Nov 2021 10:16 WIB
Hyundai Creta
Daftar mobil dan motor baru yang meluncur di GIIAS 2021 (Ridwan Arifin/detikoto)
Jakarta -

Pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 resmi dibuka pada Kamis (11/11/2021). Dihadiri oleh sejumlah produsen otomotif, ajang ini jadi kesempatan besar untuk meluncurkan mobil dan sepeda motor terbaru. Apa saja kendaraan baru yang sudah diluncurkan?

Penyelenggaraan GIIAS 2021 memang sedikit berbeda dari beberapa tahun sebelumnya. Masih dalam situasi pandemi COVID-19, tidak semua pabrikan otomotif turut hadir dalam acara ini. Namun, hal tersebut tidak menyurutkan semangat dalam meluncurkan kendaraan terbaru.

Lalu, deretan kendaraan baru apa saja yang mejeng di GIIAS 2021? Berikut daftar mobil hingga sepeda motor terbaru yang resmi dirilis dalam pameran GIIAS.

1. All New Toyota Avanza dan dan All New Toyota Veloz

PT Toyota-Astra Motor (TAM) resmi meluncurkan All New Toyota Avanza dan All New Toyota Veloz. Kedua MPV berjuluk mobil sejuta umat itu masuk dalam generasi ketiga.

Toyota Avanza dan Veloz kini telah mengusung platform terbaru, selain itu mobil MPV tersebut telah mengusung penggerak roda depan (FWD). Tak hanya itu, tampilan eksterior pun berubah total dan nampak mengusung gabungan desain SUV dan MPV. Untuk harganya, All New Avanza dijual mulai dari Rp 206 juta sementara All New Veloz start dari Rp 251 juta.

All New Toyota Avanza meluncur di Indonesia (10/11/2021)All New Toyota Avanza meluncur di Indonesia (10/11/2021) Foto: Dok. Toyota Astra Motor (TAM)

2. Daihatsu Xenia

Selain Toyota Avanza, hadir juga kembarannya yaitu Daihatsu All New Xenia yang dirilis oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM). All New Xenia ini juga mengusung perubahan total pada eksteriornya dengan membenamkan platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA).

Sama halnya dengan All New Toyota Avanza dan Avanza Veloz, kini Daihatsu akhirnya menjejalkan penggerak roda depan atau FWD ke All New Xenia. Selain itu, tenaga dari mesinnya juga sekarang disalurkan dengan transmisi CVT. Mengenai harga, All New Xenia dibanderol mulai dari Rp 190 juta.

Daihatsu All New Xenia 2021 meluncur di GGIAS 2021Daihatsu All New Xenia 2021 meluncur di GGIAS 2021 Foto: Daihatsu

3. Mitsubishi Xpander

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) resmi meluncurkan New Xpander dan New Xpander Cross. Peluncuran mobil ini bakal menjadi penantang serius dari All New Avanza dan All New Daihatsu Xenia di kelas MPV.

New Xpander hadir dengan tampilan yang lebih gagah dan fitur semakin canggih. Walau menggunakan mesin dengan kapasitas masih sama, namun New Xpander ini telah mengusung transmisi CVT yang diklaim membuat kinerja mesin lebih efisien. Untuk harganya, New Xpander dijual mulai dari Rp 249 juta dan New Xpander Cross sebesar Rp 294 juta.

Mitsubishi New Xpander dan New Xpander Cross mejeng di GIIAS 2021. PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) juga meresmi harga keduanya.Mitsubishi New Xpander dan New Xpander Cross mejeng di GIIAS 2021. PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) juga meresmi harga keduanya. Foto: Grandyos Zafna

4. Hyundai Creta

Tak mau ketinggalan, PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) meluncurkan SUV Compact Creta dalam ajang GIIAS 2021. Mobil ini digadang-gadang bakal bersaing di kelas SUV 5-seater mulai dari Honda HR-V, Kia Seltos, dan Mazda CX-3.

Hyundai Creta mengusung sejumlah fitur dan teknologi canggih seperti Hyundai Bluelink, Stolen Vehicle Tracking & Stolen Vehicle Immobilization, hingga Valet Parking Mode. Soal harga, Hyundai Creta dijual mulai dari Rp 279 juta.

Hyundai CretaHyundai Creta Foto: Ridwan Arifin

5. Kia Grand Carnival dan Seltos

PT Kreta Indo Artha (KIA) sebagai anak perusahaan Indomobil Group untuk pertama kalinya mengikuti ajang GIIAS 2021. Namun, Kia langsung jor-joran meluncurkan tiga mobil sekaligus yakni Kia Grand Carnival, Kia Seltos, dan Kia Seltos GT Line.

Cukup menarik perhatian adalah hadirnya The All-New Kia Grand Carnival yang akan mengganti Kia Grand Sedona. Mobil tersebut diklaim satu-satunya high MPV yang ada di Indonesia dengan kapasitas 11 orang penumpang. Soal harga, The All-New Kia Grand Carnival dibanderol mencapai Rp 886 juta. Sementara Kia Seltos GT Line dijual sebesar Rp 415 juta dan Kia Seltos Rp 389 juta.

[Lanjut Halaman Berikutnya: Isuzu Mu-X sampai Honda CB150X]

6. Isuzu MU-X dan D-Max

PT Isuzu Astra Motor Indonesia resmi meluncurkan dua mobil sekaligus pada ajang GIIAS 2021 yakni Isuzu All New MU-X 4X4 dan D-Max. Hadirnya All New MU-X digadang-gadang akan menjadi penantang Pajero Sport dan Fortuner.

All New MU-X juga dilengkapi sejumlah fitur canggih seperti six airbags, electronic stability control, ABS, EBD, hingga brake assist. Untuk harganya, Isuzu MU-X dijual mulai dari Rp 555 juta dan Isuzu D-Max dibanderol mulai dari Rp 363 juta.

PT Isuzu Astra Motor Indonesia meluncurkan dua mobil sekaligus pada ajang GIIAS 2021. Isuzu All New MU-X 4X4 dan D-Max resmi menyapa Indonesia Kamis (11/11/2021).PT Isuzu Astra Motor Indonesia meluncurkan dua mobil sekaligus pada ajang GIIAS 2021. Isuzu All New MU-X 4X4 dan D-Max resmi menyapa Indonesia Kamis (11/11/2021). Foto: Grandyos Zafna

7. Suzuki Ertiga

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) juga tak mau ketinggalan meluncurkan mobil baru dalam ajang GIIAS 2021. Kali ini Suzuki meluncurkan All New Ertiga Sport Finest Form (FF).

Total terdapat 13 pengembangan baru pada All New Ertiga Suzuki Sport FF ini mulai dari interior, eksterior, serta fitur penunjang keselamatan berkendara. Karena merupakan edisi spesial, mobil ini hanya tersedia sebanyak 125 unit saja. Soal harganya, All New Ertiga Sport FF dijual mulai dari Rp 258 juta.

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memperkenalkan mobil MPV barunya, yakni All New Suzuki Ertiga Sport FF di GIIAS 2021. Yuk lihat.PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memperkenalkan mobil MPV barunya, yakni All New Suzuki Ertiga Sport FF di GIIAS 2021. Yuk lihat. Foto: Grandyos Zafna

8. Lexus ES 300h

Lexus juga hadir dalam ajang GIIAS 2021. Tahun ini perusahaan asal Jepang tersebut meluncurkan sedan hybrid Lexus ES 300h.

Sedan mewah ini dibekali dengan mesin yang punya performa mumpuni serta didukung fitur canggih di dalam kabin seperti layar berukuran 12,3 inch Touch Center Display. Mengenai banderolnya, Lexus ES 300h dijual sekitar Rp 1,217 miliar.CB15

Lexus ES 300 hLexus ES 300 h Foto: Ridwan Arifin

9. Mazda CX-5 dan CX-9 Kuro Edition

Meski sudah diperkenalkan sejak April 2021 silam, PT Eurokars Motor Indonesia selaku Agen Pemegang Merek (APM) Mazda di Indonesia, akhirnya baru memamerkan CX-5 dan CX-9 Kuro Edition pada ajang GIIAS 2021.

Ada perbedaan pada seri Kuro Edition tersebut, seperti aksen serba hitam kini diberikan Mazda ke bagian pelek, roof rail, dan door mirror. Untuk interiornya, ada nuansa serba hitam dengan kombinasi jahitan merah. Mengenai harga, CX-5 Kuro Edition dibanderol sebesar Rp 562 juta dan CX-9 Kuro Edition di Rp 872 juta.

PT Astra Honda Motor (AHM) memperkenalkan motor sport adventure turing 150cc pertama di Indonesia yaitu New CB150X di ajang GIIAS 2021.PT Astra Honda Motor (AHM) memperkenalkan motor sport adventure turing 150cc pertama di Indonesia yaitu New CB150X di ajang GIIAS 2021. Foto: Grandyos Zafna

10. Honda CB150X

Tak hanya kendaraan roda empat, beberapa pabrikan sepeda motor turut hadir dalam pameran GIIAS 2021, salah satunya PT Astra Honda Motor (AHM). Pada kesempatan itu, Honda meluncurkan produk terbarunya yaitu New CB150X.

Motor ini mengusung gaya sport adventure dengan kapasitas mesin mencapai 150 cc. CB150X juga dibekali berbagai fitur penunjang seperti windscreen berukuran tinggi dan full digital panel meter. Untuk harganya, CB150X mulai dijual dengan kisaran harga Rp 32 juta hingga Rp 35 juta.



Simak Video "Ini Alasan All New Toyota Avanza Diburu Pengunjung GIIAS 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT