Detail Suites Combi Bus Laksana, Bus Medium tapi Punya Suites Cabin

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Selasa, 09 Nov 2021 14:47 WIB
Bus Suites Combi Laksana Berbasis Mercedes-Benz OF 917
Suites Combi Bus Laksana Berbasis Mercedes-Benz OF 917. Foto: Daimler Commercial Vehicles Indonesia.
Jakarta -

Karoseri Laksana bersama PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI) meluncurkan Suites Combi Bus, bus ukuran medium yang memiliki kabin mewah. Bus ini menggunakan sasis Mercedes-Benz OF 917.

Dari eksterior, Suites Combi Bus ini menampilkan livery khas Kota Semarang. Body bus didesain dengan menuangkan gambar landmark Kota Semarang.

"Laksana dengan bangga menampilkan desain livery bertema Heritage Kota Semarang dengan aksen merah putih khas bendera Republik Indonesia. Kami juga mewujudkan desain landmark kota Semarang seperti Tugu Muda, Lawang Sewu, Kuil Sam Poo Kong serta Balai Kota Semarang. Hal ini kami lakukan agar kita tetap selalu ingat dengan budaya lokal dan sudah tugas kita sebagai pahlawan modern untuk selalu bangga terhadap budaya kita sendiri," kata Direktur Komersial Karoseri Laksana Alvin Arman, Selasa (9/11/2021).

Laksana melengkapi bagian interior Mercedes-Benz OF 917 ini dengan desain Suites Combi yang memadukan konfigurasi suites cabin dan physical distancing seat. Laksana mengusung kombinasi konfigurasi 12 physical distancing seat dan 8 suites cabin yang dilengkapi dengan fitur-fitur layaknya VIP bus. Fitur mewah seperti bus VIP pada bus ini antara lain 150 derajat seat reclining, USB Charger, individual lamp, cup holder, dengan monitor LCD layar sentuh yang memanjakan penumpang selama perjalanan.

Bus Suites Combi Laksana Berbasis Mercedes-Benz OF 917Physical distancing seat pada Bus Suites Combi Laksana Berbasis Mercedes-Benz OF 917 Foto: Daimler Commercial Vehicles Indonesia

Desain interior mewah ini juga didukung dengan fitur-fitur protokol kesehatan agar penumpang merasa nyaman dan aman seperti Touchless Temperature Measurement dan Bio Smart Air Circulation System yaitu kombinasi penyaringan udara dengan sinar UV, HEPA Filter dan Cabin Filter yang berguna untuk menyaring udara agar bersih dan steril.

Bus Suites Combi Laksana Berbasis Mercedes-Benz OF 917Suites Cabin pada Bus Suites Combi Laksana Berbasis Mercedes-Benz OF 917 Foto: Daimler Commercial Vehicles Indonesia

"Momen ini menjadi ajang pembuktian kami sebagai perusahaan karoseri terdepan di Indonesia untuk menyediakan bus yang aman, inovatif, dan berkualitas dunia sesuai dengan berbagai kebutuhan pelanggan terutama untuk menjawab kebutuhan masyarakat akan transportasi yang aman dan nyaman di masa new normal saat ini," tambah Alvin.

Secara teknis, Mercedes-Benz OF 917 yang digunakan pada bus ini telah mengalami penyempurnaan. M Thoyib Commercial Bus Departement PT DCVI mengatakan, bus ini dilengkapi dengan mesin 4 silinder segaris 3.9 liter. Tenaga mesin itu mencapai 170 daya kuda dengan torsi maksimal 520 Nm.

"Dan telah dilengkapi dengan teknologi Engine management, teknologi common rail dan standar emisi Euro 3. Teknologi tersebut mampu menghasilkan efisiensi bahan bakar yang lebih baik dan emisi gas buang yang lebih rendah," sebut Thoyib.

Bus Suites Combi Laksana Berbasis Mercedes-Benz OF 917Bus Suites Combi Laksana Berbasis Mercedes-Benz OF 917 Foto: Daimler Commercial Vehicles Indonesia

Dia melanjutkan, Mercedes-Benz OF 917 memiliki beberapa penyempurnaan meliputi komponen-komponen krusial bus terutama pada bagian cylinder head, rocker arm dan juga camshaft sehingga memiliki daya tahan operasional serta memiliki umur penggunaan lebih lama.

"Untuk memberikan kenyamanan dan keselamatan, penyempurnaan pada sasis Mercedes-Benz OF 917 juga terletak pada spring dan suspensi, sistem pengereman dan gandar belakang sasis bus. Melalui penyempurnaan ini kami memberikan keunggulan dari aspek keamanan, stabilitas, kenyamanan, mengurangi kebisingan, daya tahan lebih lama dan dari segi pengoperasiannya akan lebih efisien," katanya.

Sasis bus Mercedes-Benz OF 917 dilengkapi dengan transmisi manual MO36S6 6 percepatan dan ada opsi transmisi otomatis Allison 2100 6 percepatan.

"Dengan mengedepankan permintaan pasaran lokal, kami membawa peningkatan terbaru kepada produk ini untuk memberikan kenyamanan dan keselamatan lebih selama perjalanan berlangsung. Dan dengan panjang bus total yang berkisar antara 8.000-10.000 mm, bus ini cukup lincah menjelajah berbagai rute jalan di Indonesia namun tetap memberikan rasa nyaman dan menjadi pilihan terbaik di kelasnya. Dengan penyempurnaan ini, DCVI berharap agar dapat memberikan chassis bus yang dapat beroperasi lebih aman, efisien dan nyaman baik untuk pengemudi maupun penumpang dan dapat mendongkrak angka penjualan bersamaan dengan pulihnya sektor pariwisata setelah masa pandemi," tutup Faustina, Head of Products & Marketing, PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia.



Simak Video "Salut! Bus Mercy Disulap Jadi Dapur Berjalan dan Bagikan Makanan Gratis"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)