Pengguna Sasis Bus Volvo B11R Bertambah Lagi, Kali Ini PO Sudiro Tungga Jaya

Luthfi Anshori - detikOto
Rabu, 27 Okt 2021 15:58 WIB
Bus PO Sudiro Tungga Jaya menggunakan sasis Volvo B11R yang dibalut bodi buatan Laksana
Foto: Dok. Laksana. Bus PO Sudiro Tungga Jaya menggunakan sasis Volvo B11R yang dibalut bodi buatan Laksana.
Jakarta -

Sasis bus Volvo B11R rupanya cukup digemari konsumen kendaraan niaga di Tanah Air. Sasis bus dengan tiga axle (sumbu roda) dan tenaga yang besar itu kini juga menjadi pilihan PO Sudiro Tungga Jaya (STJ).

Seperti dilihat detikOto dalam postingan Instagram karoseri Laksana, PO STJ baru saja merilis dua armada baru yang menggunakan sasis Volvo B11R. Dua bus baru Sudiro Tungga Jaya ini menggunakan warna gold yang elegan dan warna hitam yang terlihat sangar.

Di ujung kaca depan atas kedua bus ini masing-masing tersemat tulisan Thariq dan Faqih, lengkap dengan tagline khas STJ di bagian bando atau topi, yang bertuliskan 'Eleng Kuat Slamet'. Belum diketahui akan digunakan untuk rute AKAP manakah kedua bus dengan sasis premium itu.

Bus PO Sudiro Tungga Jaya menggunakan sasis Volvo B11R yang dibalut bodi buatan LaksanaBus PO Sudiro Tungga Jaya menggunakan sasis Volvo B11R yang dibalut bodi buatan Laksana Foto: Dok. Laksana

Untuk bodinya sendiri, PO STJ mengawinkan sasis Volvo B11R dengan bodi laksana Legacy SR2 XHD. Bodi ini sudah mengadopsi selendang baru 'S-Series', yang lebih modern. Bodi Laksana Legacy memiliki ciri khas desain atap mengambang (floating roof).

Kembali menyinggung Volvo B11R, sasis ini didistribusikan oleh PT Indotruck Utama. Spesifikasi Volvo B11R yang digunakan untuk bus AKAP (Antar Kota Antar Provinsi) berbeda dengan yang digunakan Transjakarta. Perbedaan terletak dari segi tenaga, Volvo B11R Transjakarta memiliki tenaga 370 dk.

Volvo B11R untuk AKAP diperkenalkan di ajang Busworld South East Asia 2019, di Jakarta. Bus ini mengusung mesin 11.000 cc yang dikombinasi dengan transmisi i-Shift AMT 12 percepatan. Transmisi menggunakan teknologi triptonic, yang bisa dijalankan pada mode manual dan automatic.

Bus PO Sudiro Tungga Jaya menggunakan sasis Volvo B11R yang dibalut bodi buatan LaksanaBus PO Sudiro Tungga Jaya menggunakan sasis Volvo B11R yang dibalut bodi buatan Laksana Foto: Dok. Laksana

Dibanding dengan kompetitornya, tenaga Volvo B11R menjadi salah satu yang terbesar, yakni mencapai 430 dk dan torsi puncaknya 2.000 Nm. Besarnya tenaga B11R versi AKAP menjadi hal utama yang ditawarkan oleh Volvo.

Selain oleh PO STJ, sasis Volvo B11R juga sudah digunakan oleh beberapa PO ternama lainnya seperti PO Gunung Harta, PO Rosalia Indah, termasuk PO Borlindo yang beroperasi di Pulau Sulawesi.

[Gambas:Instagram]



(lua/din)