Mengenal Teknologi Kaca Spion Kamera yang Ada di Bus UHD Tentrem

Tim detikcom - detikOto
Kamis, 07 Okt 2021 07:52 WIB
Penampakan bus UHD Tentrem milik PO Harapan Jaya
Foto: Tangkapan layar Instagram @populace_republictransport_ltd. Penampakan bus UHD Tentrem milik PO Harapan Jaya.
Jakarta -

Setelah lama jadi perbincangan, wujud final bus UHD Tentrem akhirnya terlihat jelas. Kendati bus ini belum dirilis resmi, sosoknya sudah mondar-mandir di jalanan. Satu hal yang menarik di bus UHD Tentrem terbaru ini adalah pengaplikasian kaca spion kamera. Teknologi apakah itu?

Dalam foto-foto yang beredar di media sosial, bus UHD Tentrem tampak melaju di jalan tol. Bus berkonsep Ultra High Decker itu kelihatan canggih dengan teknologi kaca spion yang menggunakan kamera CCTV (Closed Circuit Television).

MirrorCam pengganti kaca spion konvensional di truk Mercedes-Benz ActrosMirrorCam pengganti kaca spion konvensional di truk Mercedes-Benz Actros Foto: Dok. Daimler

Teknologi ini memang masih sangat jarang digunakan di industri transportasi darat di Indonesia. Salah satu produk kendaraan niaga yang sudah memiliki fitur kaca spion kamera atau MirrorCam ini adalah truk Mercedes-Benz Actros 2642 yang dikenalkan di Tanah Air pada Agustus 2021 lalu. MirrorCam akan mengganti peran kaca spion konvensional dengan kamera CCTV. Kamera CCTV akan memberikan fungsi layaknya kaca spion dengan menampilkan kondisi luar melalui dua layar digital yang ada di sisi kanan dan kiri pengemudi.

MirrorCam menawarkan beberapa keunggulan, yang paling jelas adalah membuat kendaraan jadi tampak bersih di bagian depan karena tidak adanya kaca spion konvensional yang besar. Di samping itu, hilangnya kaca spion konvensional juga membuat hambatan jadi berkurang, sehingga kendaraan menjadi lebih aerodinamis, yang berarti tentunya akan meningkatkan efisiensi penggunaan bahan bakar.

Mercedes-Benz Actros 2642Mercedes-Benz Actros 2642 Foto: Luthfi Anshori/detikOto

Fungsi berikutnya dari fitur ini adalah untuk membantu pengemudi untuk melihat titik-titik pandang yang tidak bisa digapai oleh kaca spion konvensional. Karena bisa menjangkau area lebih luas, MirrorCam bisa memperlihatkan beberapa titik buta. Kemudian ketika mencoba untuk belok, pengemudi akan mendapatkan pandangan yang optimal dengan memberikan tampilan dari sisi samping kendaraan, melengkapi sistem kaca spion eksternal.

MirrorCam juga membantu memberikan gambaran lebih jelas tentang lalu lintas di belakang. Beberapa hal lain yang dapat diatur oleh pengemudi melalui fitur MirrorCam secara individual adalah untuk menunjukkan ujung dari sisi kendaraan sehingga membuat manuver presisi menjadi lebih mudah, sistem beralih ke mode night vision saat malam hari, serta memberikan tampilan manuver khusus saat putar balik. MirrorCam juga berguna saat kondisi hujan.

Mengacu pada bocoran informasi sebelumnya, bus UHD Tentrem bakal mengusung nama bodi Avante D1. Bus ini bakal memiliki panjang 13,5 meter, tinggi 4,08 meter, dan lebar 2,5 meter. Keunggulan bus UHD yakni memiliki kapasitas bagasi luas, tanpa mengorbankan kapasitas maksimal penumpang. Di kelas UHD, Tentrem Avante D1 akan berkompetisi dengan Adiputro Jetbus 3+ UHD yang menjadi pionir di segmen ini.

Tak hanya bus UHD, Tentrem juga bakal membuat sleeper bus yang dinamakan Tentrem Avante H9 Priority. Bus dengan konfigurasi kursi rebahan ini akan bersaing dengan Laksana Legacy SR2 Suites Class dan Adiputro Dream Coach. Bodi bus premium seperti UHD dan sleeper bus umumnya dikombinasikan dengan sasis premium buatan Scania, Volvo, atau Mercedes Benz.

(lua/din)