Ini Dia Wujud Final Bus UHD Tentrem, Canggih dengan Kaca Spion Kamera

Tim detikcom - detikOto
Rabu, 06 Okt 2021 10:37 WIB
Penampakan bus UHD Tentrem milik PO Harapan Jaya
Foto: Tangkapan layar Instagram @populace_republictransport_ltd. Penampakan bus UHD Tentrem milik PO Harapan Jaya.
Jakarta -

Wujud final Bus UHD Tentrem akhirnya makin jelas. Dalam foto-foto yang beredar di media sosial, bus UHD Tentrem terlihat sedang melaju di jalan bebas hambatan. Bus berkonsep Ultra High Decker itu kelihatan canggih dengan teknologi kaca spion yang menggunakan kamera CCTV (Closed Circuit Television).

Kompetisi di segmen bus premium bakal makin sengit. Tidak hanya di segmen bus tingkat, persaingan juga merambah ke segmen bus UHD alias Ultra High Decker, yang kehadirannya dipelopori karoseri Adiputro.

Karoseri Tentrem pun tak ingin ketinggalan meramaikan persaingan di segmen itu. Setelah merilis bus tingkat di ajang GIIAS 2019, karoseri asal Malang ini juga akan merilis bodi baru yang masuk segmen UHD.

Beberapa waktu lalu ramai bocoran foto-foto bus UHD Tentrem yang sedang dirakit di fasilitas karoseri. Nah, baru-baru ini, wujud final bus UHD Tentrem itu sudah mulai kelihatan, bahkan sudah diuji jalan.

Seperti foto-foto yang diunggah akun Instagram @populace_republictransport_ltd, menampilkan beberapa foto bus UHD Tentrem dengan livery PO Harapan Jaya sedang dikendarai di jalan tol dan diparkir di sebuah garasi. Di kaca depan bus itu tertulis trayek Jakarta-Malang.

Dari tampilannya, bus ini memiliki bodi yang lebih tinggi. Sepintas terlihat seperti bus seperti bus single deck, tapi sebenarnya ini adalah bus double decker konsep baru, dengan dek bagian bawah khusus untuk kabin pengemudi dan ruang bagasi, sementara kabin penumpangnya hanya di deck bagian atas.

[Gambas:Instagram]



Yang menarik dari bus UHD Tentrem ini adalah model spion yang digunakan. Tampak di bus ini tidak ada kaca spion besar seperti bus-bus pada umumnya. Tapi jika dilihat, di sisi kanan kiri bando bus, terdapat sebuah tonjolan yang diduga kamera CCTV. Kalau itu benar, maka bus ini sudah memakai teknologi spion canggih, MirrorCam. Teknologi ini hampir belum digunakan kendaraan komersil di Indonesia dan baru pertama kali dipakai di truck Mercedes-Benz Actros 2642 yang dijual oleh PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI).

Mengacu pada bocoran informasi sebelumnya, bus UHD Tentrem bakal mengusung nama bodi Avante D1. Bus ini bakal memiliki panjang 13,5 meter, tinggi 4,08 meter, dan lebar 2,5 meter. Keunggulan bus UHD yakni memiliki kapasitas bagasi luas, tanpa mengorbankan kapasitas maksimal penumpang. Di kelas UHD, Tentrem Avante D1 akan berkompetisi dengan Adiputro Jetbus 3+ UHD.

Tak hanya bus UHD, Tentrem juga bakal membuat sleeper bus yang dinamakan Tentrem Avante H9 Priority. Bus dengan konfigurasi kursi rebahan ini akan bersaing dengan Laksana Legacy SR2 Suites Class dan Adiputro Dream Coach. Bodi bus premium seperti UHD dan sleeper bus umumnya dikombinasikan dengan sasis premium buatan Scania, Volvo, atau Mercedes Benz.

(lua/din)