ADVERTISEMENT

Mewah! Bus Laksana Berbasis Mercedes-Benz OF 917 Ini Punya Suites Cabin

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Selasa, 09 Nov 2021 12:59 WIB
Bus Suites Combi Laksana Berbasis Mercedes-Benz OF 917
Bus Suites Combi Laksana Berbasis Mercedes-Benz OF 917. Foto: Daimler Commercial Vehicles Indonesia.
Jakarta -

PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI) bersama Karoseri Laksana memperkenalkan Suites Combi Bus yang menggunakan sasis Mercedes-Benz OF 917. Sasis bus medium tersebut memiliki interior yang mewah, bahkan ada Suites Cabin di bagian belakang.

Head of Products and Marketing PT DCVI Faustina mengatakan, bus ini merupakan hasil dari kontes desain livery dan interior bus Mercedes-Benz OF 917 yang diselenggarakan DCVI pada April lalu. Karoseri Laksana menjadi pemenang desain bus Mercedes-Benz OF 917 ini.

"Bersama dengan Laksana, DCVI ingin menunjukkan desain interior bus terbaru. Di mana hal ini dapat menjadi tren masa depan serta sesuai untuk menjawab kebutuhan di era pandemi saat ini," kata Faustina dalam peluncuran Suites Combi Bus Laksana dengan sasis Mercedes-Benz OF 917 secara virtual, Selasa (9/11/2021).

Direktur Teknik Karoseri Laksana, Stefan Arman, menyebut bus ini merupakan sebuah pembuktian Karoseri Laksana untuk menyediakan bus yang aman dan nyaman di era pandemi ini. Stefan mengatakan, pada Suites Combi Bus ini pihaknya mengombinasikan konfigurasi kursi penumpang physical distancing dan suites cabin yang mewah.

"Kami menempatkan 12 kursi elegan dengan konsep physical distancing seat sebagai bentuk komitmen kami dalam mendukung program pemerintah untuk mengurangi kapasitas penumpang bus dan menambah jarak aman antarpenumpang di era new normal," kata Stefan dalam kesempatan yang sama.

Bus Suites Combi Laksana Berbasis Mercedes-Benz OF 917Kursi Physical Distancing. Foto: Daimler Commercial Vehicles Indonesia

"Pada bagian belakang bus kami menyematkan 8 suites cabin dengan desain yang elegan, yang menjadi suites cabin pertama di Mercedes-Benz OF 917 di Indonesia," sambungnya.

Suites Cabin di bagian belakang bus ini dilengkapi fitur-fitur layaknya kabin VIP. Di antaranya jok yang bisa direbahkan hingga 150 derajat, USB charger, monitor LCD layar sentuh yang memanjakan penumpang selama perjalanan.

Bus Suites Combi Laksana Berbasis Mercedes-Benz OF 917Suites Cabin pada Bus Suites Combi Laksana Berbasis Mercedes-Benz OF 917 Foto: Daimler Commercial Vehicles Indonesia

"Kami juga menyematkan fitur-fitur pendukung protokol kesehatan agar penumpang lebih nyaman dan aman, seperti touchless temperature measurement, BioSmart air circulation system yaitu kombinasi penyaringan udara dengan sinar UV, HEPA filter, dan kabin filter yang berguna untuk menyaring udara agar bersih dan steril," ucap Stefan.

Sementara dari segi desain livery, Stefan menjelaskan pihaknya menggambarkan desain livery dengan ciri khas Semarang sebagai kota asal karoseri Laksana. Di livery tersebut digambarkan desain landmark kota Semarang seperti Tugu Muda, Lawang Sewu, Kuil Sam Poo Kong, serta Balai Kota Semarang.

Bus Suites Combi Laksana Berbasis Mercedes-Benz OF 917Bus Suites Combi Laksana Berbasis Mercedes-Benz OF 917 Foto: Daimler Commercial Vehicles Indonesia

"Hal ini kami lakukan agar kita selalu ingat dengan budaya lokal untuk selalu bangga terhadap budaya kita sendiri," sebutnya.

Stefan menjelaskan, sasis Mercedes-Benz OF 917 memberikan dukungan dari segi mesin, transmisi dan gandar sehingga Karoseri Laksana mampu merakit bus dengan memanfaatkan kenyamanan.

"Dukungan pada mesin, transmisi dan axle pada lini produk bus Mercedes-Benz OF 917, membuat kami mampu merakit bus dengan memiliki peredaman yang cukup baik, sehingga raungan mesin di bus terdengar lebih halus. Selain itu, kenyamanan untuk penumpang tidak perlu diragukan. Guncangan bus menjadi lebih lembut saat melewati jalan yang terjal atau berbelok, sehingga perjalanan jauh tidak melelahkan," jelasnya.



Simak Video "Mercedes-Benz EQS Siap Mengaspal di Indonesia, Berapa Harganya?"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lth)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT