PO Bus Crazy Rich Malang Rilis Armada Baru, Pakai Bodi Adiputro Single Glass

Luthfi Anshori - detikOto
Jumat, 05 Nov 2021 11:48 WIB
Bus PO Juragan 99 menggunakan bodi Adiputro Jetbus 3+ MHD Single Glass
Foto: Dok. Adiputro. Bus PO Juragan 99 menggunakan bodi Adiputro Jetbus 3+ MHD Single Glass.
Jakarta -

PO Juragan 99 milik crazy rich Malang, Gilang Widya Pramana, merilis armada bus pariwisata terbarunya. Bus teranyar PO Juragan 99 ini cukup istimewa, karena menggunakan bodi Adiputro dengan konsep single glass alias kaca depan tunggal. Seperti apa ya spesifikasinya?

PO Juragan 99 menambah lini armada bus pariwisatanya. Seperti biasa, PO ini masih setia menggunakan bodi buatan karoseri Adiputro. Tapi yang menarik, bukanlah bodi bus dengan kaca depan ganda (double glass) yang dipilih, melainkan bodi bus dengan kaca single.

Bus PO Juragan 99 menggunakan bodi Adiputro Jetbus 3+ MHD Single GlassBus PO Juragan 99 menggunakan bodi Adiputro Jetbus 3+ MHD Single Glass Foto: Dok. Adiputro

Seperti terlihat di postingan akun Instagram @adiputro_official, bus anyar PO Juragan 99 ini memakai bodi jenis Jetbus 3+ MHD (Medium High Decker. Asal tahu saja, bodi MHD ini merupakan bodi yang tingginya ada di antara bus HD (High Decker) dan bus SHD (Super High Decker).

Sebagai gambaran, bus SHD memiliki tinggi 3.850 mm, bus HD memiliki tinggi 3.724 mm, dan bus MHD tingginya 3.710 mm. Lalu bicara tinggi bagasinya, bus SHD memiliki tinggi bagasi 1.300 mm, bus MHD 1.200 mm, dan bus HD 1.080 mm.

Selain bagian kaca depan yang luas tanpa sekat penghalang seperti di bus double glass, bagian lain yang menarik di bus ini adalah pada kaca samping di bagian depan, di mana tidak disematkan selendang khas Adiputro, sehingga pandangan penumpang ke samping pun tidak akan terhalang.

Lalu jika bicara sasis dan mesinnya, menggunakan Mercedes-Benz OH 1626 air suspension. Mesin itu bisa menghasilkan tenaga puncak 191 KW (260 dk) pada 2.200 rpm dan torsi maksimum 950 Nm di rentang 1.200-1.600 rpm. Tenaga itu disalurkan melalui pilihan transmisi manual 6 percepatan atau transmisi otomatis 6 percepatan.

[Gambas:Instagram]



(lua/din)