Pesawat Jet Laris Honda Punya Model Baru, Bisa Belah Amerika Serikat Sekali Terbang

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Sabtu, 16 Okt 2021 10:17 WIB
HondaJet 2600 Concept
Honda Jet terbaru yang masih dalam wujud konsep (Global.Honda)
Jakarta -

Honda Aircraft resmi memperkenalkan pesawat terbarunya yakni HondaJet 2600 Concept. Meski masih dalam bentuk konsep, jet pribadi ini diklaim punya teknologi canggih dan jarak tempuhnya lebih jauh dan bahkan mampu membelah Amerika Serikat dalam sekali perjalanan.

Dalam acara NBAA Business Aviation Convention dan Exhibition 2021, Honda memperkenalkan generasi terbaru dari pesawat HondaJet. Sejumlah keunggulan dan kecanggihan teknologi disematkan pada 2600 Concept ini dibanding model sebelumnya.

HondaJet 2600 Concept hadir sebagai versi pesawat jet pribadi yang mampu mengudara lebih lama. Meski saat ini sudah banyak pesawat jet pribadi yang dapat menempuh jarak jauh, namun Honda menawarkan pesawat dengan ukuran lebih kecil dan diklaim sangat efisien serta harganya lebih murah.

Dilansir dari Motor1, HondaJet 2600 punya desain yang mirip dengan HondaJet versi Standar, salah satunya letak mesin pesawat yang mengusung over the wing. Akan tetapi, terdapat perbedaan dari spesifikasi dan daya jelajah pesawat.

HondaJet 2600 Concept mampu terbang dengan kecepatan maksimal hingga 450 knots (833,4 km/jam). Sementara itu, daya jelajah maksimal pesawat terbang bisa mencapai ketinggian 47.000 kaki (14.325 meter).

HondaJet 2600 ConceptHondaJet 2600 Concept Foto: Global.Honda

Jarak tempuh HondaJet 2600 Concept juga lebih jauh mencapai 2,625 nautical miles (4.861,5 km). Hal ini membuat pesawat bisa menempuh jarak dari New York menuju Los Angeles, Tokyo ke Hongkong, dan London menuju Cairo terbang secara non-stop.

Selain mampu terbang lebih tinggi dan cepat, Honda mengklaim jika pesawat jet terbarunya ini memiliki efisiensi bahan bakar 20% lebih baik daripada pesawat jet berukuran kecil dan 40% dari pesawat jet berukuran sedang.

Walau sudah diperkenalkan, namun Honda belum menampilkan secara detail spesifikasi mesin dari pesawat konsep tersebut.

Pada bagian interiornya, Honda menawarkan tiga pilihan layout kabin yang disesuaikan dengan kebutuhan konsumen. Pertama ada Dual Club, di mana terdapat delapan kursi penumpang dengan dua pasang menghadap ke depan dan dua lagi ke belakang.

Selanjutnya ada Eksekutif yang mengusung empat pasang kursi saja agar area kaki lebih luas dan nyaman. Terakhir yakni Divan, di mana terdapat empat kursi standar namun ditambah satu sofa besar.

HondaJet 2600 ConceptHondaJet 2600 Concept Foto: Global.Honda

Selain daya jelajah yang lebih jauh serta interior kabin yang diperbarui, HondaJet 2600 Concept juga menawarkan teknologi canggih. Seperti hadirnya auto throttle dan auto brake untuk mengurangi beban kerja pilot. Hadir juga fitur Advanced Steering Augmentation System (ASAS) dan Runway Overrun Awareness and Alerting System (ROAAS).

Presiden dan CEO Honda Aircraft Company, Michimasa Fujino mengatakan dengan hadirnya HondaJet 2600 Concept dapat menawarkan kepada calon konsumen sebuah pesawat yang efisien, memberikan kenyamanan ekstra, dan kapasitas kabin yang baru.

Belum diketahui kapan HondaJet 2600 Concept ini mulai masuk tahap produksi dan dijual secara resmi. Namun diprediksi pesawat mulai dipasarkan dalam beberapa tahun mendatang.



Simak Video "Gagah! Ini Wujud Honda ADV350 yang Baru Rilis di Eropa"
[Gambas:Video 20detik]
(din/lth)