Benelli Resmikan Pabrik Baru di Bogor, Siap Produksi Motor Listrik

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Selasa, 12 Okt 2021 07:24 WIB
Jakarta -

Benelli resmi mendirikan pabrik baru di Klapanunggal, Bogor, Jawa Barat. Hadirnya pabrik baru ini direncanakan untuk memproduksi sepeda motor listrik dalam beberapa tahun mendatang.

Pabrik baru Benelli di Indonesia ini diresmikan pada Minggu (10/10/2021). Steven Kentjana selaku Presiden Direktur Benelli Motor Indonesia (BMI) mengatakan, hadirnya pabrik baru ini akan membawa pilihan produk yang lebih beragam untuk pasar Indonesia.

"Pangsa pasar otomotif Indonesia adalah ke-3 terbesar di dunia, oleh karena itu Benelli ingin memberikan banyak pilihan dari line up produk Benelli yang ada mulai dari Classic/Retro, Sport, Scooter, hingga listrik kepada konsumen, khususnya yang memiliki passion untuk tampil beda atau yang mempunyai selera out of mainstream," kata Steven.

Di atas lahan yang luasnya mencapai 1,6 hektar, merek otomotif asal Italia ini menargetkan bakal memproduksi motor listrik di pabrik barunya. Namun, untuk mencapai target produksi tersebut Benelli juga memperhatikan sektor ekonomi serta situasi pandemi COVID-19.

Selain itu, penambahan pabrik baru ini akan menghadirkan tiga line assembling dengan tiga test bench lengkap yang disertai fasilitas uji emisi.

Pabrik benelli di Bogor Jawa BaratPabrik benelli di Bogor Jawa Barat Foto: dok. Benelli Indonesia

Mengenai kapasitas produksi di pabrik barunya Benelli, selama PPKM berlangsung dan pandemi COVID-19 hanya ada satu shift dengan kapasitas produksi sebanyak 1.500 unit per bulan.

"Kapasitas produksi selama PPKM dan pandemi Covid-19 hanya ada 1 shift dengan kapasitas 1500 unit per bulan," ujarnya.

Sampai saat ini, Benelli Indonesia sudah memiliki 57 dealer resmi yang tersebar di sejumlah kota, mulai dari Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan, Sulawesi, Ambon, Ternate, hingga Merauke.

Benelli juga berencana akan terus mengembangkan Networking Dealer 3S di sejumlah kota yang punya potensi besar dalam mendekatkan motor Benelli dan Keeway kepada calon konsumen.

Sebagai informasi, Benelli sudah meluncurkan motor listrik Benelli Dong di Indonesia saat acara Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid pada April 2021. Mengenai harganya, motor listrik ini dijual mulai dari Rp 36.800.000 untuk On the Road (OTR) Jakarta.

(din/din)