Keren Abis! Hyundai Bakal Selipkan Monitor Mini pada Setir Kemudi

M Luthfi Andika - detikOto
Minggu, 10 Okt 2021 19:02 WIB
Paten Layar di Setir oleh Hyundai
Wujud paten yang didaftarkan oleh Hyundai di Jerman Foto: dok. German Patent and Trade Mark Office
Jakarta -

Pabrikan mobil asal Korea Selatan, Hyundai terus memberikan inovasi untuk menantang dominasi pasar. Terbaru, Hyundai dikabarkan sudah mematenkan salah satu ide mereka untuk menyisipkan monitor kecil berukuran ponsel di dalam setir kemudi.

Dikutip motor1, niat menyelipkan monitor mini pada setir kemudi memang sudah diumumkan Hyundai sejak 2019, saat Hyundai memperkenalkan studi terbaru mereka yang disebut Virtual Cockpit Study.

Virtual Cockpit Study dijelaskan pada dasarnya ingin menghilangkan tombol pada setir kemudi, dan menggantikannya dengan layar sentuh yang bisa lebih memudahkan pengendara mengatur sistem entertainment saat berkendara.

Kini Hyundai mematenkan teknologi terbaru mereka ini lebih detail dengan menyelipkannya pada bagian tengah setir kemudi menggantikan posisi klakson. Selanjutnya juga dijelaskan layar sentuh pada setir kemudi ini memiliki dudukan yang berbeda dengan setir kemudi sehingga bisa lebih aman dan tidak akan rusak saat dipasang.

Selanjutnya dijelaskan langkah untuk menyelipkan monitor mini pada setir kemudi, akan membuat dashboard mobil lebih bersih dari tombol atau monitor yang terlalu menonjol dan mengganggu konsentrasi saat berkendara. Untuk urusan keamanan, Hyundai mengklaim bahwa airbag yang posisinya di area kemudi ini pun akan dapat terbuka tanpa merusak layarnya.

Paten Layar di Setir oleh HyundaiPaten Layar di Setir oleh Hyundai Foto: dok. German Patent and Trade Mark Office

Menurut Hyundai dengan adanya elemen tambahan pada setir ini, elemen utama pada setir tidak dihilangkan. Ide untuk memasangkan layar ini sekilas tampak seperti proyek berkepanjangan, namun niatan Hyundai untuk mendaftarkan patennya di Jerman adalah sebuah langkah besar.

Memang belum dijelaskan kapan Hyundai akan menerapkan inovasi terbaru mereka tersebut, dan dengan hak paten yang sudah dimiliki Hyundai besar kemungkinan inovasi ini akan benar-benar terwujud.

Bagaimana detikers, keren bukan?



Simak Video "AS Terbitkan 2 Aplikasi Paten Baru Apple, Mau Bikin Drone?"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/mhg)