Ini Alasan Kepala Truk Mercedes-Benz Identik dengan Warna Putih

Luthfi Anshori - detikOto
Kamis, 26 Agu 2021 18:11 WIB
Mercedes-Benz Actros 2642
Foto: Luthfi Anshori/detikOto. Kepala truk Mercedes-Benz identik dengan warna putih.
Jakarta -

Warna kepala truk biasanya mencirikan identitas sebuah pabrikan. Nah, untuk truk buatan Mercedes-Benz rupanya identik dengan warna kepala putih. Apa ya alasan pabrikan Jerman itu menggunakan warna putih sebagai identitas produk truknya?

Di industri kendaraan niaga, merek-merek truk memiliki identitas masing-masing. Contoh truk Hino memiliki identitas warna kepala hijau, lalu Mitsubishi ciri kepala truknya warna Kuning, Toyota identik dengan kepala truk warna merah, dan warna oranye yang identik dengan Mitsubishi Fuso.

Selain warna-warna tersebut, beberapa merek truk memilih warna netral seperti warna putih, contohnya Isuzu dan Mercedes-Benz. Khusus Mercedes-Benz, ternyata punya alasan khusus mengapa memilih warna putih untuk truk produksinya.

Seperti dijelaskan Head of Product and Marketing, PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI), Faustina Tjandra, alasan pemilihan warna putih di truk Mercedes-Benz di Indonesia adalah untuk memudahkan konsumen.

"Warna putih itu lebih simpel karena tidak perlu dicat ulang, tapi bisa juga diberi warna baru menggunakan stiker. Karena untuk mengecat ulang kepala truk sendiri butuh cairan cat hingga 25 kg," kata Faustina, di Cakung, Jakarta Timur, Rabu (25/8/2021).

Menurut Faustina, secara global truk Mercedes-Benz tidak memiliki ciri khas warna tertentu. Jadi konsumen memang bisa memilih sendiri warna truk yang diinginkan, baik itu diubah menggunakan stiker maupun dicat ulang.

"Dan untuk memilih warna aneh-aneh seperti metalik, merah, atau hitam, itu hanya bisa diakomodir dari pabrik Jerman. Kalau dari (pabrik) India kita bawa yang putih, standarnya kita. Dan kalau perlu dicat ulang itu bisa kerja sama dengan dealer kita yang ada di Indonesia," jelas Faustina.

Kilas balik ke masa lalu, Faustina mengatakan bahwa Mercedes-Benz pernah memasukkan truk warna kuning di Indonesia. "Dulu banget, kita juga sempat masukin truk warna kuning, kenapa? Karena untuk Actros warna putih dan kuning ini di area tambang pasti kelihatan, bahkan pada malam hari sekalipun," terang Faustina.

(lua/din)