Harganya di Atas Rp 2 M, Ini Daftar Fitur Safety di Truk Mercedes-Benz Actros 2642

Luthfi Anshori - detikOto
Kamis, 26 Agu 2021 11:23 WIB
Mercedes-Benz Actros 2642
Foto: Luthfi Anshori/detikOto. Mercedes-Benz Actros 2642.
Jakarta -

PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI) resmi memasarkan model truk Mercedes-Benz Actros 2642. Truk buatan Jerman ini dilengkapi beragam fitur safety dan inovasi terbaru yang menjadi pionir di segmen kendaraan truk heavy-duty. Lalu fitur-fitur safety apa saja yang ditawarkan?

Dijelaskan DCVI, fitur-fitur keselamatan tersebut antara lain meliputi MirrorCam, yang bisa membantu pengemudi untuk mendapatkan pandangan secara menyeluruh, Active Brake Assist 5 yang ditingkatkan untuk mendeteksi pejalan kaki.

"Selama lebih dari 50 tahun eksistensinya, DCVI terus berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan pasar kendaraan niaga Indonesia dengan menghadirkan serangkaian line-up kendaraan beserta inovasi-inovasi terbaru yang sesuai dengan peraturan pemerintah. Keselamatan merupakan faktor yang sangat penting bagi Daimler serta memiliki visi dan ambisi utamanya dengan accident-free, dan oleh karena itu, kami membawa inovasi-inovasi tersebut di Indonesia," kata Head of Product and Marketing, PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI), Faustina Tjandra.

Untuk lebih lengkapnya, berikut penjelasan fitur-fitur keselamatan terbaru yang ada di Mercedes-Benz Actros 2642:

Mercedes-Benz Actros 2642Mercedes-Benz Actros 2642 Foto: Luthfi Anshori/detikOto

MirrorCam menambah visibilitas pengemudi

Fitur MirrorCam hadir untuk membantu pengemudi untuk melihat titik-titik yang dapat dilihat dan memberikan pandangan lebih jelas ketika hujan atau di malam hari. Saat mengemudi ke depan, pengemudi masih tetap memiliki pandangan yang familiar sama seperti menggunakan kaca spion eksternal. Akan tetapi, ketika mencoba untuk belok, pengemudi akan mendapatkan pandangan yang optimal dengan memberikan tampilan dari sisi samping kendaraan, melengkapi sistem kaca spion eksternal.

Selain itu, fitur ini juga membantu memberikan gambaran lebih jelas tentang lalu lintas di belakang. Beberapa hal lain yang dapat diatur oleh pengemudi melalui fitur MirrorCam secara individual adalah untuk menunjukkan ujung dari sisi kendaraan sehingga membuat manuver presisi menjadi lebih mudah,
sistem beralih ke mode night vision saat malam hari, serta memberikan tampilan manuvering khusus saat putar balik.

Fitur MirrorCam juga diklaim membuat kendaraan menjadi lebih aerodinamis, yang berarti tentunya akan meningkatkan efisiensi penggunaan bahan bakar.

[Gambas:Youtube]


New Active Brake Assist 5 dengan peningkatan untuk mendeteksi pejalan kaki

Sementara itu, Active Brake Assist 5 merupakan peningkatan dari Active Brake Assist 4. Yang baru dari Active Brake Assist 5 adalah cara kerjanya yang berdasarkan radar dan sistem kamera.

Active Brake Assist 5 dapat merespons ketika ada seseorang yang melintas di depan truk, datang ke arahnya atau di jalur yang sama dengan menerapkan daya pengereman maksimum hingga berhenti 100%. Hal yang sama berlaku untuk pejalan kaki yang berjalan dengan tidak hati-hati di depan kendaraan dan dapat menjadi lumpuh - situasi yang semakin sering terjadi di era smartphone ini.

Mercedes-Benz Actros 2642Mercedes-Benz Actros 2642 Foto: Luthfi Anshori/detikOto

Fitur keselamatan lainnya: rem parkir elektronik dan Trailer Stability Control Assist

Selain Active Drive Assist, MirrorCam, dan Active Brake Assist 5, Daimler juga menghadirkan sistem inovatif lainnya yang membuat Actros baru lebih aman.
Rem parkir elektronik baru dengan fungsi HOLD menggabungkan penanganan yang mudah dan tingkat keamanan yang lebih tinggi. Ini diaktifkan secara otomatis saat mematikan mesin, tetapi juga dapat dihidupkan dengan menarik tuas di kokpit atau menekan tombol "P" pada rem parkir itu sendiri. Itu
dimatikan baik dengan mempercepat atau dengan menekan tombol "P".

Fungsi HOLD integral diaktifkan saat kendaraan dalam keadaan diam cukup dengan menekan pedal rem lebih kuat, misalnya di lampu merah. Ini dilepaskan segera setelah akselerator didorong lagi. Saat bergerak di atas bukit, bantuan start-off Hill Holder yang terintegrasi dari sistem dapat semakin membantu pengemudi.

Keamanan pada Actros baru semakin ditingkatkan berkat Bantuan Kontrol Stabilitas Trailer baru untuk semitrailer dan trailer. Baik itu kombinasi traktor atau semitrailer, atau kombinasi drawbar - dalam situasi kritis sistem menerapkan rem ke kendaraan penarik dan trailer sebagai tindakan pencegahan dan
dengan demikian menstabilkan kendaraan.

(lua/din)